Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Power Point, Kemampuan Berpikir Kritis, ADDIE

Ariani, Sri (2023) Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Power Point, Kemampuan Berpikir Kritis, ADDIE. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover - daftar isi)
SKRIPSI SRI ARIANI SIAP COVER -DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI SRI ARIANI SIAP BAB 1.pdf - Published Version

Download (852kB)
[img] Text (BAB 3)
SKRIPSI SRI ARIANI SIAP BAB 3.pdf - Published Version

Download (829kB)
[img] Text (BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI SRI ARIANI SIAP BAB 5 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (567kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT SRI ARIANI NIM 1814080041 FISIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik dikarenakan kurangnya fasilitas belajar yang digunakan pendidik dalam pembelajaran. Pendidik masih menggunakan buku dan LKS sebagai pegangan untuk peserta didik, sehingga peserta didik merasa jenuh atau bosan dalam belajar dampaknya terjadi penurunan kualitas kemampuan berpikir kritis peserta didik. Untuk itu dikembangkan media audio visual berbasis power point yang dapat memudahkan peserta didik dalam belajar serta dapat melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dan kemandirian peserta didik dalam belajar. Media audio visual berbasis power point dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Tujuannya penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual berbasis power point terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reasearch and Development (R&D). Dengan mengunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Uji validitas media diberikan kepada 3 orang ahli, dari aspek kelayakan materi/isi, konstruksi dan bahasa mengunakan angket validasi. Selanjutnya pada tahap penilaian produk diuji cobakan kepada 1 orang pendidik MAN 1 Solok Selatan dan 20 orang peserta didik untuk mengetahui tingkat kepraktisan produk. Hasil penelitian menunjukan bahwa produk media pembelajaran audio visual berbasis power point sangat valid dan sangat praktis. Hasil validitas menunjukan sangat valid dengan skor rata-rata 87% dengan persentase uji kelayakan materi/isi 83%, kelayakan konstruksi 82%, dan kelayakan bahasa 96%. Uji kepraktisan produk oleh pendidik dan peserta didik dengan skor pesentase rata-rata 95% dikategori sangat praktis. Maka produk berupa media pembelajaran audio visual berbasis power point sudah valid dan praktis dan dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik terutama pada materi termodinamika dan gelombang mekanik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:10
Last Modified: 06 Feb 2024 02:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18479

Actions (login required)

View Item View Item