Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasi Soal Higher Order Thinking Sklill (HOTS) Pada Materi Statistika Kelas VIII MTsN 3 Kota Padang

Alfian, Edo (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berorientasi Soal Higher Order Thinking Sklill (HOTS) Pada Materi Statistika Kelas VIII MTsN 3 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Skripsi Edo Alfian_Cover-1.pdf - Published Version

Download (551kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 ..pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (321kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (Full skripsi)
Skripsi Edo Alfian_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih dunia pendidikan dituntut dapat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi. Salah satunya penggunaan media pembelajaran agar berjalan dengan baik serta mampu melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi. Guru sudah menggunakan media namun perlu dikembangkan dengan dilengkapi soal yang dapat melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Salah satu pembaharuan media pembelajaran yang dikembangkan untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik seperti Modul Pembelajaran yang terdapat Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Statistika sebagai media tambahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Berorientasi Soal HOTS yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Plomp. Model Plomp terdiri atas tiga tahapan, yaitu tahap investigasi awal (Preliminary research), tahap pembentukan prototipe (Prototyping stage), dan tahap penilaian (Assesment phase). Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap pembentukan prototipe (Prototyping stage). Instrumen yang digunakan penelitian ini adalah angket validitas dan angket praktikalitas. Pengelolaan data dengan menggunakan rumus moment Kappa. Hasil uji validitas memperoleh rata-rata nilai moment Kappa sebesar 0,94 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji praktikalitas pada tahap one to one evaluation memperoleh rata-rata nilai moment Kappa sebesar 0,90 dan tahap small group memperoleh rata-rata nilai moment Kappa sebesar 0,83 dengan kategori sangat tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa Modul Pembelajaran Berorientasi Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Statistika valid dan praktis dengan kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Matematika
U Umum (General)
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 12 Dec 2023 04:22
Last Modified: 19 Jan 2024 08:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18470

Actions (login required)

View Item View Item