Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Menggunakan Learning Cycle 7e Terhadap Self Efficacy Peserta Didik

wardini putri, rahmimi (2023) Pengembangan E-Modul Pembelajaran Fisika Menggunakan Learning Cycle 7e Terhadap Self Efficacy Peserta Didik. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, Persetujuan pembimbing, pegesahan)
cover pesetujuan pembimbing.pdf - Published Version

Download (831kB)
[img] Text (BAB I)
Rahmimi wardini putri Nim 1714080008 BAB I.pdf - Published Version

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
Rahmimi wardini putri Nim 1714080008 BAB III.pdf - Published Version

Download (889kB)
[img] Text (BAB V-PUSTAKA)
Rahmimi wardini putri Nim 1714080008 BAB V -PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (365kB)
[img] Text (Full text)
RAHMIMI WARDINI 1714080008 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK Rahmimi wardini putri : 171408008 Pengembangan E-Modul pembelajaran fisika menggunakan learning cycle 7E terhadap self efficacy peserta didik pada materi teori kinetik gas dan termodinamika. Tadris Fisika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran fisika di kelas yang masih menggunakan bahan ajar yang knvensional, seperti buku cetak yang tebal, papan tulis yang masih berpusat kepada pendidik, sehingga cenderung membuat peserta didik bosan dan pasif dalam proses pembelajaran di kelas. Akibatnya pembelajaran di kelas tidak efektif dan kurang menarik perhatian peserta didik yang membuat peserta didik kurang percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Usaha untuk mengatasi masalah tersebut dalam proses pembelajaran fisika,serta materi yang juga sulit untuk dipahami, membuat peserta didik kehilangan self efficacy dalam belajar apa lagi pelajaran hitung-hitungan seperti fisika. Dan membuat peserta didik tidak mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Jadi oleh sebab itu ,dibutuhkanlah bahan ajar yang menarik supaya membangkitkan motivasi dan self efficacy yang ada pada peserta didik sehingga self efficacy peserta didik bisa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan modul pembelajaran menggunakan learning cycle 7E terhadap self efficacy peserta didik. Model pengembangan yang dipakai pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu di antaranya, dimualai dari tahap analisis(analysis), perancangan(design),pengembangan (develop),Implementasi (Implementation) dan tahap evaluasi(Evaluation). Uji validitas media di berikan kepada 3 validator ahli di nilai dari aspek materi/isi. Media/konstruksi, dan bahasa. Uji praktikalitas media diberikan kepada 1 orang pendidik fisika dan 15 orang peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 1 Sijunjung dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan. Uji efektivitas di berikan kepada 15 orang peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 1 Sijunjung, dinilai dari aspek self efficacy peserta didik. Hasil penelitian ini adalah telah dihasilkan modul pembelajaran menggunaka learning cycle 7E terhadap self efficacy peserta didik pada materi energi kinetik gas dan termodinamika dengan kategori sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif. Pengembangan modul pembelajaran menggunakan learning cycle 7E terhadap self efficacy peserta didik sangat valid dengan nilai 80,37% sangat praktis dengan nilai 82,6 % dan sangat efektif dengan nilai 82%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle 7-E, E-Modul, Self efficacy
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:42
Last Modified: 06 Feb 2024 06:42
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18467

Actions (login required)

View Item View Item