Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 2 Padang Pariaman

Fadli, Idham (2023) Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Self Confidence Peserta Didik Kelas VIII di MTsN 2 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (871kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT WATERMARK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence peserta didik kelas VIII MTsN 2 Padang Pariaman. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence peserta didik kelas VIII MTsN 2 Padang Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperimental research dengan rancangan penelitian posttest only control design serta teknik pengambilan sampel dengan random sampling dengan kelas sampel VII3 (kelas eksperimen) dan VII4 (kelas kontrol). Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan lembar angket self confidence. Teknik analisis data tes yang digunakan yaitu uji-t. Sedangkan teknik analisis data angket menggunakan derajat pencapaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis kelas eksperimen menggunakan model PBL lebih tinggi dari kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Terlihat pada hasil uji hipotesis yang menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,79 dan kelas kontrol 71,55. Selain itu, self confidence pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan model PBL terbukti efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan self confidence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self confidence.
Subjects: U Umum (General) > Matematika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:22
Last Modified: 19 Jan 2024 08:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18465

Actions (login required)

View Item View Item