Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTsN 3 Kota Padang

Diansyah, Ismi Gusmar (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK) Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTsN 3 Kota Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V+Dapus.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text Ismi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran keaktifan belajar peserta didik setelah melakukan Posttest pada kelas eksperimen dengan menggunakan model Visualization Auditory Kinestetic pada Mata Pelajaan Fiqih kelas VIII di MTsN 3 Padang, (2) gambaran keaktifan belajar peserta didik setelah melakukan Posttest pada kelas kontrol dengan menggunakan model Konvensional pada Mata Pelajaan Fiqih kelas VIII di MTsN 3 Padang, (3) pengaruh Model Pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic terhadap Keaktifan Belajar pada Peserta Didik kelas VIII di MTsN 3 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian quasi eksperimen tipe posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII di MTsN 3 Padang tahun pelajaran 2023/2024 sedangkan untuk sampel nya yaitu kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic pada mata pelajaran Fiqih dapat meningkatkan keaktifan belajar secara efektif, keaktifan belajar peserta didik kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen memiliki rentang skor antara 98-124. Sedangkan pada Kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol rentang skor antara 73-101. Dibuktikan hasil uji hipotesis menggunakan teknik uji-t dengan bantuan SPSS versi 16, didapatkan nilai t hitung sebesar 97,000 pada df (degree of freedom) 31. Artinya nilai t¬hitung > ttabel (97,000 > 1,703 (5%)). Sedangkan signifikan hitung sebesar 0,000 (0,000 < 0,05). Berdasarkan hasil uji hipotes menggunakan uji-t tersebut, maka H0 yang mengatakan tidak adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Visualization Auditory Kinestetic pada mata pelajaran Fiqih terhadap keaktifan belajar peserta didik Kelas VIII MTsN 3 Padang ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinestetic (VAK),Keaktifan, Fiqih
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Ibadah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 08:01
Last Modified: 30 Jan 2024 08:03
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18460

Actions (login required)

View Item View Item