PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 BATANG ANAI

Paidah, Nur (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MODUL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 3 BATANG ANAI. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Cover)
COVER-DAFTAR NUR FIKS-2.pdf - Published Version

Download (719kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I NURPAIDAH-1.pdf - Published Version

Download (622kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III ok NURPAIDAH-1.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab V)
BAB V OK NUR.pdf - Published Version

Download (408kB)
[img] Text (Full Text)
BAB 1-5 FIKS_removed(1)-1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self Regulated Learning peserta didik kelas VIII SMPN 3 Batang Anai masih rendah. Hal ini disebabkan karena tidak terbiasa peserta didik saat dihadapkan dengan soal-soal non rutin atau pemecahan masalah. Adapun usaha yang dapat dilakukan dengan menerapkan model PJBL berbantuan modul. Tujuan penelitian ini 1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model PJBL berbantuan modul lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 3 Batang Anai. 2) Mengetahui self regulated learning peserta didik yang belajar dengan model PJBL berbantuan modul di kelas VIII SMPN 3 Batang Anai. Jenis penelitian ini quasi experiment dengan rancangan randomozed control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 3 Batang Anai sebanyak 167. Teknik pengambilan sampel dilakukan pada 5 kelas. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil data ke 5 kelas terdistribusi normal, homogen dan kesamaan rata-rata. Kemudian dilakukan pemilihan sampel dengan cara teknik random sampling, maka sampel yang terpilih adalah VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dianalisis denganuji-t dan angket self regulated learning dengan menghitung derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah matematis di kelas eksperimen adalah 72,80 dan kelas kontrol 65,49. Setelah itu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan  = 0,05 pada taraf kepercayaan 95 % diperoleh thitung = 3,202 dan ttabel = 1,658 berarti thitung > ttabel maka keputusannya adalah Ho ditolak dan H1 diterima. Artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan model PJBL berbantuan modul lebih tinggi daripada yang belajar menggunakan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 3 Batang Anai. Persentase self regulated learning peserta didik yang belajar dengan model PJBL 83,15% yang berada pada kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model PJBL, Modul, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self Regulated Learning
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:28
Last Modified: 17 Oct 2023 03:28
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18451

Actions (login required)

View Item View Item