Komparasi Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik yang Belajar dengan Model Numbered Head Together (NHT)dan Think Pair Share (TPS) Kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang Tahun Ajaran 2017/2018

Maidewi Rafika, fika (2018) Komparasi Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik yang Belajar dengan Model Numbered Head Together (NHT)dan Think Pair Share (TPS) Kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover, persetujuan, abstrak)
COVER, PERSETUJUAN, ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (308kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version

Download (735kB)
[img] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (604kB)
[img] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (skripsi gabungan)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VII SMP N 1 Gunung Talang. Hal ini disebabkan karena kurangnya keterampilan matematika dan interaksi antara peserta didik dalam pembelajaran matematika. Untuk itu diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together dan Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model Numbered Head Together lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pendekatan saintifik, pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model Think Pair Share lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan pendekatan saintifik dan perbedaan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model Numbered Head Together dan Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Talang Tahun Ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling. Diperoleh kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen I, kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen II dan kelas VII.4 sebagai kelas kontrol dari data populasi yang normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata. Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes pemahaman konsep. Waktu penelitian ini dimulai tanggal 28 Juli 2017 – 14 Agustus2017. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model pembelajaran Numbered Head Together 83,74, dengan model Think Pair Share 78,77 dan dengan pembelajaran biasa 74,5. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh ttabel = 1,645 dengan taraf kepercayaan 95%. Pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menerapkan model Numbered Head Together lebih tinggi daripada dengan pendekatan saintifik dengan thitung = 2,6082, pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menerapkan model Think Pair Share lebih tinggi daripada dengan pendekatan saintifik dengan thitung = 1,7421 dan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model Numbered Head Together lebih tinggi dari model pembelajaran Think Pair Share dengan thitung = 1,970 dan ttabel=1,960. Hal ini berarti thitung>ttabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Numbered Head Together dan Think Pair Share berbeda secara signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 19 Nov 2018 03:15
Last Modified: 02 Aug 2022 03:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1845

Actions (login required)

View Item View Item