Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh yang Belajar dengan Model Pembelajaran React di tinjau DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA

Aljabar, Muhammad Asimulades (2023) Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh yang Belajar dengan Model Pembelajaran React di tinjau DARI MINAT BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover. (3)-2.pdf - Published Version

Download (577kB)
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (191kB)
[img] Text (Full Skripsi)
SKRIPSI M Asimulades Aljabar FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum adanya kajian tentang kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII MTsN 1 Payakumbuh yang belajar dengan model REACT ditinjau dari minat belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Payakumbuh yang diajar menggunakan model REACT ditinjau dari minat belajar matematika. Jenis penelitian adalah penelitian mixed methods. Desain yang digunakan adalah one shot case study, jenis one shot case study dimaksudkan untuk menunjukkan kekuatan pengukuran dan nilai ilmiah suatu desain penelitian Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII MTsN Kota Payakumbuh Tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Berdasarkan pertimbangan, terpilih kelas VIII.11 sebagai kelas penelitian. Instrumen yang digunakan adalah angket minat belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis adalah 80,83. Diperoleh nilai rata-rata minat belajar peserta didik adalah 75,23. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan diperoleh peserta didik dengan minat tinggi kemampuan pemahaman konsep tinggi sebanyak 2 orang, peserta didik dengan minat belajar sedang pemahaman konsep tinggi sebanyak 17 orang, peserta didik dengan minat sedanga pemahaman konsep sedang sebanyak 6 orang, peserta didik dengan minat sedang pemahaman konsep rendah sebanyak 1 orang dan peserta didik dengan minat rendah pemahaman konsep rendah sebanyak 4 orang. Hal ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi, sedang atau rendah juga memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang berbeda pula yaitu tinggi, sedang, dan rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: U Umum (General) > Matematika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:15
Last Modified: 06 Feb 2024 08:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18442

Actions (login required)

View Item View Item