Wiridinata, Ego (2023) Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesessment, Satisfaction) yang berintegrasikan nilai-nilai Keislaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (442kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (357kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (141kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL Ego Wiridinata-1614040058.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (38MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesessment, Satisfaction) yang berintegrasikan nilai-nilai Keislaman yang memenuhi kriteria valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D (Four-D Model) yang meliputi define, design, develop dan disseminate. Tahap pendefenisian (define) terdiri dari analisi kurikulum, analisis analisis pendidik, analisis peserta didik dan analisis konsep. Tahap perancangan (design) terdiri dari perancangan perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) dengan model pembelajaran ARIAS, perancangan instrumen dan validasi instrumen penilaian perangkat pembelajaran. Tahap pengembangan (develop) terdiri dari evaluasi sendiri (self evaluation), validasi perangkat pembelajaran oleh empat orang ahli dan satu orang pendidik matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penilaian validator perangkat pembelajaran yaitu RPP memenuhi kriteria “sangat valid” dengan rata-rata nilai validitas 90,69%. Dilihat dari aspek format RPP menunjukkan kejelasan penyusunan RPP pembagian materi, penomoran jelas, pengaturan tata letak dan ukuran huruf sesuai. Aspek bahasa menunjukkan bahwa bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, petunjuk dan arahan sudah jelas. Aspek isi menunjukkan bahwa isi pada perangkat pembelajaran sesuai dengan pokok bahasan, KI, KD, tujuan pembelajaran, indikator pencapaian, pendekatan, metode dan sarana pembelajaran, memuat langkah-langkah ARIAS serta kegiatan pendidik dan peserta didik sudah dirumuskan dengan jelas. Dan LKPD memenuhi kriteria “sangat valid” dengan rata-rata nilai validitas 89,12%. Dilihat dari aspek kelayakan isi menunjukkan bahwa LKPD yang dirancang sesuai dengan KI dan KD, kesesuain dengan materi, kesesuaian dengan tahapan ARIAS, dan materi yang diberikan sesuai dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Aspek penyajian menunjukkan bahwa sudah memuat petunjuk belajar, sesuai dengan langkah ARIAS yang berintegrasikan nilai-nilai keislaman. Aspek kebahasaan menunjukkan bahwa kalimat dan bahasa yang digunakan mudah dipahami dan instruksinya jelas. Aspek tampilan menunjukkan tampilan menarik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesessment, Satisfaction) yang berintegrasikan nilai-nilai Keislaman dengan kriteria sangat valid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Perangkat Pembelajaran Matematika, Integrasi Nilai-nilai Keislaman, ARIAS, Validitas |
Subjects: | U Umum (General) > Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 08:28 |
Last Modified: | 19 Jan 2024 08:42 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18424 |
Actions (login required)
View Item |