Pendidikan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Pada Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka II Padang dan Relevansinya dengan Kitab Ayyuhal Walad Karya Imam Al-Ghazali

Latifah, Amanur (2023) Pendidikan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Pada Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka II Padang dan Relevansinya dengan Kitab Ayyuhal Walad Karya Imam Al-Ghazali. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-Daftar Pustaka)
Cover-Daftar Isi - Copy.pdf - Published Version

Download (185kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (464kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Full Text)
Amanur Latifah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Judul tesis ini adalah Pendidikan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Pada Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka II Padang dan Relevansinya dengan Kitab Ayyuhal Walad Karya Imam Al-Ghazali, ditulis oleh Amanur Latifah (2120010006), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kecerdasan spiritual peserta didik di pesantren Hamka II Padang, terutama pada peserta didik baru yang berasal dari berbagai macam SMP/MTs dibeberapa daerah yang kurang terbiasa dalam aturan-aturan dipesantren. Hal ini terlihat adanya beberapa peserta didik yang sulit untuk bangun pada waktu tahajud dan waktu subuh, tidak mengikuti kegiatan tahfiz dipagi hari secara rutin, tidak konsisten dalam muraja'ah hafalan Al-Qur'an, lupa dalam melakukan wudu' dan zikir sebelum tidur. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis ingin melihat bagaimana pendidikan kecerdasan spiritual yang diajarkan di pesantren, dan juga merelevansikannya dengan pendidikan kecerdasan spiritual yang diajarkan oleh tokoh pendidikan Islam pada masa klasik, seperti Imam Al-Ghazali yang telah banyak membahas terkait pembersihan jiwa atau pendidikan kecerdasan spiritual dalam kitab Ayyuhal Walad, yang berguna sebagai opsi atau solusi dari kemerosotan terhadap kecerdasan spiritual peserta didik. Metode yang digunakan untuk mengungkap kedua aspek tersebut adalah metode penelitian kualitatif studi pustaka dan studi lapangan. Data primer diperoleh melalui wawancara guru pendidikan agama Islam sebanyak satu orang, pembina asrama putra dua orang, pembina asrama putri dua orang, dan kitab Ayyuhal Walad karya Imam Al-Ghazali. Sedangkan data skunder diperoleh melalui dokumen-dokumen di pesantren modern Prof. Dr. Hamka II Padang dan buku-buku yang berkaitan dengan pendidikan kecedasan spiritual. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah, (1) Pendidikan kecerdasan spiritual di Pesantren Modern Terpadu Prof. Dr. Hamka II Padang yaitu: Penanaman pola pikir kreatif, mampu menyeimbangkan dunia dan akhirat, kesadaran diri peserta didik, memanajemen waktu, penanaman nilai-nilai keislaman dan memotivasi, memiliki pengetahuan umum dan pengetahuan agama dengan seimbang, kemandirian berfikir dan mandiri dalam menjalani kehidupan di pesantren. (2) Pendidikan kecerdasan spiritual menurut Imam Al-Ghazali dalam Kitab Ayyuhal Walad yaitu: Nasehat tentang hakikat tawakkal dan hakikat Ikhlas, nasehat sepatutnya kita menerima nasehat dan memanfaatkan ilmu, nasehat menjadikan cita-cita dalam meninggikan ruhaniyah dan menjadikan segala kegagalan berada pada pihak hawa nafsu, nasehat mempergunakan waktu sebaik-baiknya, berbuat amal kebaikan, beribadah di waktu malam, serta nasehat mencari guru yang mursyid dan pandai dalam mendidik, nasehat tentang ilmu dan amal, nasehat tentang cita-cita, hawa nafsu dan bekalan akhirat. (3) Antara pendidikan kecerdasan spiritual di pesantren Hamka II Padang dan pendidikan kecerdasan spiritual menurut Imam Al-Ghazali relevan dalam segi kemampuan bersikap fleksibel, tingkat kesadaran yang tinggi, kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan, kualitas hidup yang diilhami oleh visi dan nilai-nilai, kecendrungan untuk melihat keterkaitan antara berbagai hal (holistik), dan menjadi mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Kecerdasan Spiritual, Pesantren, Imam Al-Ghazali
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 11 Dec 2023 07:22
Last Modified: 02 Jan 2024 06:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item View Item