IMPLEMENTASI DAN REAKTUALISASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN RAHMAH EL YUNUSIYAH DALAM MENGEMBANGKAN DINIYYAH PUTERI PADANG PANJANG

Dermawan, Arwan (2023) IMPLEMENTASI DAN REAKTUALISASI PEMIKIRAN PENDIDIKAN RAHMAH EL YUNUSIYAH DALAM MENGEMBANGKAN DINIYYAH PUTERI PADANG PANJANG. Doctoral thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER + DAFTAR ISI)
COVER + DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (BAB V + DAFTAR PUSTAKA)
BAB V + DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (411kB)
[img] Text (DISERTASI FULL)
DISERTASI FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah Pemikiran Pendidikan Rahmah El Yunusiyah, (2) Bagaimanakah Implementasi pemikiran Rahmah El Yunusiyah dalam mengembangkan Diniyyah Putri Padang Panjang di era 4.0, dan (3) Bagaimanakah Reaktualisasi pemikiran Rahmah El Yunusiyah dalam mengembangkan Diniyyah Putri Padang Panjang di era 4.0 Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis Pemikiran Pendidikan Perempuan Rahmah El Yunusiyah, (2) Menjelaskan Implementasi pemikiran Rahmah El Yunusiyah dalam mengembangkan Diniyyah Putri Padang Panjang di era 4.0, dan (3) Merumuskan Reaktualisasi pemikiran Rahmah El Yunusiyah dalam mengembangkan Diniyyah Putri Padang Panjang di era 4.0 Penelitian ini menggunakan metode kombinasi antara (penelitian tokoh dan penelitian lapangan (field research). Penelitian tokoh, sesungguhnya tetap berada dalam kerangka penelitian kualitatif, karena kaidah-kaidah yang dibangun dalam studi tokoh ini tetap mengikuti kaidah penelitian kualitatif. Penelitian tokoh dilakukan untuk menemukan biografi sang tokoh, yaitu Rahmah El Yunusiyah, termasuk perjuangannya. Meskipun biografi Rahmah ini tidak menjadi salah satu batasan masalah, tetapi pemikiran beliau tidak dapat dipahami secara komprehensif jika tidak dikaitkan dengan latar belakang sosial, pendidikan, karya-karya Rahmah dan lain sebagainya Setelah melakukan penelitian, ditemukan beberapa hasil penelitian, yaitu: pertama, pendidikan menurut Rahmah El Yunusiyah berdasarkan tujuan didirikannya Diniyyah Puteri melaksanakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan ajaran Islam, dengan tujuan membentuk puteri yang berjiwa Islam dan ibu pendidik yang cakap dan aktif serta bertanggung jawab tentang kesejahteraan masyarakat dan tanah air atas dasar pengabdian kepada Allah SWT. kedua Rahmah mengimplementasikan pemikirannya melalui karyanya yang fundamental, yaitu dengan mendirikan lembaga pendidikan khusus perempuan “Perguruan Diniyyah Puteri”. Ketiga, reaktualisasi pemikiran Rahmah diwujudkan oleh Perguruan Diniyyah puteri Padang Panjang dengan menghidupkan kembali konsep pemikiran Rahmah yang disertai dengan menghadirkan program-program unggulan yang memang menjadi tuntutan diera 4.0 dengan tetap berpegang pada konsep pemikiran Rahmah. Hasil penelitian ini implikasi atau dampaknya adalah teraktualkannya konsep pemikiran pendidikan secara umum dan pendidikan perempuan dalam persepktif pendidikan Islam menurut Rahmah El Yunusiyah. Konsep dari tokoh ini bercirikan kearifan lokal, itu semua dilatarbelakangi oleh kondisi dari mana asal tokoh tersebut. Semua konsep ini bisa dipadukan dalam pengamalan, selama yang mengamalkan adalah orang Islam dan bisa pula untuk daerah masing-masing. Tanpa harus merasa asing dengan semua teori-teori ini. Saran jangan sampai keluar dari konsep pemikiran Rahmah, sebab Rahmah El Yunusiyah merupakan seorang tokoh yang pemikiran pendidikannya melampaui masanya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Pendidikan, Rahmah El Yunusiyah, Diniyyah Puteri
Subjects: U Umum (General) > Agama > Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 03 Jan 2024 07:13
Last Modified: 03 Jan 2024 07:13
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18412

Actions (login required)

View Item View Item