Eksperimentasi Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas X MIPA MAN 1 Padang Tahun Ajaran 2017/2018

Yessa Tri Ardina, Yessa (2018) Eksperimentasi Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas X MIPA MAN 1 Padang Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover,abstrak dan persetujuan pembimbing)
cov, prstjuan abstrak.pdf - Published Version

Download (546kB)
[img] Text (bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text (bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] Text (bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (624kB)
[img] Text (bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text (bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (211kB)
[img] Text (gabungan skripsi)
gabungan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik kelas X MIPA MAN 1 Padang, terlihat dari persentase nilai ujian tengah semester yang sebagian besar peserta didik masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Salah satu penyebabnya adalah peserta didik kurang dalam memahami bentuk dan simbol di dalam pembelajaran matematika serta peserta didik kurang memperhatikan pendidik menerangkan pelajaran di depan kelas. Adapun solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan dengan model kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari pada peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa pada peserta didik kelas X MIPA MAN 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah Quasy Eksperiment dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA MAN 1 Padang sebanyak 108 orang tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel berupa Random Sampling dan sampel yang terpilih adalah peserta didik kelas X MIPA3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA2 sebagai kelas kontrol, yang terlebih dahulu ditentukan melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata populasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep matematis dengan model kooperatif tipe TAI 78,74 dan nilai rata-rata pemahaman konsep matematis dengan model pembelajaran biasa 60,07. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t, diperoleh t_hitung=6,431>t_tabel=1,645 dengan taraf kepercayaan 95%, maka hipotesis diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan dengan model kooperatif tipe TAI lebih tinggi dari pada pemahaman konsep matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran biasa pada peserta didik kelas X MIPA MAN 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Users 28 not found.
Date Deposited: 15 Nov 2018 01:55
Last Modified: 15 Nov 2018 01:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item