Efektivitas Model Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Sel Confidence Siswa Kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi

Fironika, Nia (2023) Efektivitas Model Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Sel Confidence Siswa Kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
cover dll nia.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1 Nia.pdf - Published Version

Download (563kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 Nia.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5 Nia.pdf - Published Version

Download (621kB)
[img] Text (FUL TEXT)
bundel skripsi nia.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan Self Confidence kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang dipilih belum mengembangkan kemampuan pemahaman konsep dan Self Confidence. Adapun solusi dilakukan adalah menerapkan Model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS). Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan Model Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan pelajaran biasa dikelas VIII SMPN 5 Bukittinggi. 2) mengetahui Self Confidence yang belajar dengan Model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) SMPN 5 Bukittinggi. Jenis penelitian adalah quasy eksperiment dan rancangan rondomized control grub only design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Terpilih kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.4 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan angket Self Confidence. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji-t dan angket dengan menghitung derajat pencapaian. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen adalah 76.67 dan kelas kontrol adalah 71.73 Diperoleh 〖t_hitung=1.81 dan t〗_tabel=1.67 berarti t_hitung>t_tabel, maka H_1 diterima. Untuk angket diperoleh nilai derajat pencapaian Self Confidence adalah 87,79% dengan kriteria sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep yang diajar dengan Model Pembelajaran Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS lebih tinggi dari pada kemampuan pemahaman konsep peserta didik dengan pembelajaran biasa peserta didik di kelas VIII SMPN 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Attention Relevance Confidence Satisfaction pemahaman konsep Self Confidence
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:27
Last Modified: 07 Feb 2024 01:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18382

Actions (login required)

View Item View Item