PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DIKLAT TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SIMPANG EMPAT KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

Yan, Mira (2017) PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DIKLAT TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) SIMPANG EMPAT KECAMATAN PASAMAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Masters thesis, UIN IB Padang.

[img] Text
Full Gabungan Keseluruhan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yanmira, NIM. 088 15 2325, “Pengaruh Maotivasi Kerja dan Diklat Terhadap Kinerja Guru di Madrasah Alaiyah Negeri (MAN) Simpang Empat Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.” Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, UIN Imam Bonjol Padang 2017. Permasalahan penelitian ini adalah cara guru dalam menyiapkan kelengkapan perangkat pembelajaran pada mata pelajaran yang dia ampu, kurangnya minat mengikuti pendidikan pelatihan yang di adakan, dan kurangnya aplikasi dari hasil pendidikan pelatihan yang diikuti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada(1) pengaruh positif yang signifikan motivasi kerja terhadap kinerja guru, (2) mengetahui pengaruh positif yang signifikan diklat terhadap kinerja guru dan yang ke (3) mengetahui pengaruh positif yang signifikan motivasi kerja dan diklat yang diikuti guru secara bersamaan terhadap kinerja guru di MAN Simpang Empat, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat. Metode penelitian yang digunakandalam penelitian kuantitatif melalui metode pendekatan asosiatif. Populasinya 30 orang guru, teknik pengambilan sampel menggunakan model Total Sampling, sehingga sampelnya tetap 30 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Pengolahan data dengan cara uji persyaratan ilmiah dan uji hipotesis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi kerja dan diklat terhadap kinerja guru yaitu jika nilai motivasi kerja naik satu satuan maka kinerja guru akan meningkat 0,666 atau 66,6% pada kontanta 8,307. Jika variabel diklat naik satu satuan maka kinerja guru diprediksi akan meningkat 1,568 atau 15,6% pada konstanta 8,307. Maka disimpulkan bahwa semakin baik dan meningkat motivasi kerja dan diklat maka kinerja guru akan naik. Sedangkan hasil dari sumbangan atau kontribusi determinasi didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 0,237 atau 23,7% sedangkan 67,3% ditentukan oleh variabel lain dan terdapat pengaruh positif yang signifikan antara diklat terhadap kinerja guru sebesar 0,206 atau 20,6% sedangkan 79,4% dipengaruhi oleh variabel lain, serta terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi kerja dan diklat secara bersamaan terhadap kinerja guru sebesar 0,369 atau 36,9% sedangkan yang lainnya dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini motivasi kerja berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru dan diklat juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja guru dan begitu juga motivasi dan diklat secara bersamaan berpengaruh positif yang signifkan terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2018 03:57
Last Modified: 27 Nov 2018 03:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1833

Actions (login required)

View Item View Item