Nilai-nilai Keluarga Perspekif M. Yunan Yusuf: Telaah Tafsir Al-Quran Juz XXVIII Juz Qad Sami' Allah Bunyanun Marshush (Bangunan Kokoh Rapi)

Wulandari, Putri ayu (2023) Nilai-nilai Keluarga Perspekif M. Yunan Yusuf: Telaah Tafsir Al-Quran Juz XXVIII Juz Qad Sami' Allah Bunyanun Marshush (Bangunan Kokoh Rapi). Masters thesis, Program Pascasarjana : Program Magister : Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir.

[img] Text (COVER)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (709kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (605kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V- Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi penafsiran M. Yunan Yusuf dalam kitab tafsirnya Juz XXVIII Juz Qad Sami’ Allah Bunyanun Marshush (Bangunan Kokoh Rapi)” yang menyatakan bahwa tema pokok juz 28 ini tentang pembentukkan dan pembangunan masyarakat Islam. Tetapi, jika dilihat sekilas bahwa surat-surat dalam juz ini berisi berbagai persoalan yang terjadi dalam masyarakat dan keluarga. Dari persoalan tersebut terkandung nilai-nilai keluarga dalam pembentukan masyarakat Islam. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan tentang makna keluarga dan masyarakat menurut M. Yunan Yusuf. Mengetahui dan menjelaskan penafsiran M. Yunan Yusuf tentang nilai-nilai keluarga dalam pembentukan masyarakat Islam. Mengetahui dan menjelaskan kaitan atau hubungan nilai-nilai keluarga dengan pembentukan masyarakat Islam Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Pengumpulan data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu Tafsir al-Quran Juz XXVIII Juz Qad Sami’ Allah Bunyanun Marshush (Bangunan Kokoh Rapi) karya M. Yunan Yusuf. Sedangkan sumber sekundernya adalah kitab-kitab, buku-buku, artikel, majalah serta karya ilmiah lainnya yang berkaitan dan mendukung tema yang diangkat dalam penelitian. Dalam memperoleh hasil penelitian ini penulis menggunakan penelitian deskriptif--analitis yaitu dengan memaparkan semua data kemudian menjelaskan dan dianalisis sehingga menjadi sebuah kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil bahwa keluarga menurut M. Yunan Yusuf adalah individu-individu yang membangun rumah tangga yang terjalin melalui pernikahan. Dan masyarakat adalah kumpulan dari rumah tangga yang terjalin dalam satu komunitas dari individu-individu yang menjadi anggotanya. Sedangkan masyarakat muslim adalah masyarakat yang terbentuk melalui keluarga muslim yang menerjemahkan dan menerapkan nilai-nilai dan etika Islam dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Berdasarkan penafsiran M. Yunan Yusuf dalam juz 28 terkandung nilai keadilan, kejujuran, persamaan hak suami istri, kasih sayang, integritas, kemaafan, kebaikan, kepatuhan, ketaatan, tanggung jawab serta kepemimpinan. Nilai tersebut merupakan ciri dari masyarakat Islam yang kokoh, harmonis, tenang dan damai.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Keluarga, M. Yunan Yusuf
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 22 Dec 2023 08:48
Last Modified: 22 Dec 2023 08:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18326

Actions (login required)

View Item View Item