Penerapan Model Pembejaran Kooperatif Tipe Three Step Interview terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman

Andini, Yuke Dwi (2023) Penerapan Model Pembejaran Kooperatif Tipe Three Step Interview terhadap Kemampuan Komunikasi dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dan lain-lain)
cover dll.pdf - Published Version

Download (948kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 .pdf - Published Version

Download (803kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5-daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] Text (Skripsi full text)
skripsi yukee.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan disposisi peserta didik kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang digunakan belum mengembangkan kemampuan komunikasi dan disposisi peserta didik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model Three Step Interview. Penelitian bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model three step interview dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran biasa di kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman, 2) disposisi matematis peserta didik kelas eksperimen di MTsN 3 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomozed control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN 3 Padang Pariaman. Teknik random sampling digunakan untuk mendapatkan sampel, sehingga terpilih kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi dan angket disposisi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dan persentase derajat pencapaian untuk angket disposisi. Berdasarkan tes, diperoleh nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis kelas eskperimen 77,81 dan kelas kontrol 71,81. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t, pada selang kepercayaan 95% di peroleh thitung (2.20) ( ttabel (1,67) maka keputusan H1 diterima artinya kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan yang belajar dengan model pembelajaran three step interview lebih tinggi dari pada model pembelajaran biasa di kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman. Hasil pengolahan angket disposisi diperoleh derajat pencapaian 80,56% dengan kriteria baik. Jadi dapat disimpulkan penggunaan model Three Step Interview efektif terhadap kamampuan komunikasi dan disposisi matematis peserta didik kelas VIII MTsN 3 Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Three step interview, Komunikasi matematis,disposisi matematis
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:22
Last Modified: 19 Jan 2024 08:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18323

Actions (login required)

View Item View Item