Penggunaan Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Kelas VII MTsN 3 Kota Pariaman

Chaniago Ari, Kurnia Shandi (2023) Penggunaan Model Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Di Kelas VII MTsN 3 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Ari Kurnia Shandi Chaniago 1614060034 . BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB)
[img] Text (BAB III)
Ari Kurnia Shandi Chaniago 1614060034 . BAB III.pdf - Published Version

Download (770kB)
[img] Text (BAB V)
Ari Kurnia Shandi Chaniago 161404004 . BAB V.pdf - Published Version

Download (272kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Ari Kurnia Shandi Chaniago 1614040034 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VII MTsN 3 Kota Pariaman. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang belajar dengan Model Brain Based Learning lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa di kelas VII MTsN 3 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan rancangan randomized control group only design dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 3 Kota Pariaman, setelah dilakukan uji persyaratan pengambilan sampel diperoleh bahwa populasi berdistribusi normal, homogen dan memiliki kesamaan rata-rata, terpilih peserta didik kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebagai kelas kontrol. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah tes dalam bentuk soal kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik. Teknik analisis yang digunakan untuk tes adalah dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 79,40 dan nilai rata – rata kelas kontrol 72,55. Sedangkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 df = 52 maka diperoleh thitung = 7,87 dan ttabel = 1,67, berarti thitung > ttabel dan H1 diterima. Artinya, kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) lebih tinggi daripada kemampuan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Brain Based Learning (BBL) , Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning (BBL) , Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.
Subjects: U Umum (General) > Matematika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:21
Last Modified: 19 Jan 2024 08:45
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18312

Actions (login required)

View Item View Item