Strategi Pengembangan Wisata Religi di Masjid Raya Sumatera Barat

Hamda, Anisa (2023) Strategi Pengembangan Wisata Religi di Masjid Raya Sumatera Barat. Masters thesis, PROGRAM PASCASARJANA.

[img] Text (Cover, Pernyataan Orisinalitas, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Halaman Pernyataan persetujuan Publikasi)
Anisa Hamda. NIM 2120030004. Bagian Depan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Anisa Hamda. NIM 2120030004. BAB I.pdf - Published Version

Download (239kB)
[img] Text (BAB III)
Anisa Hamda. NIM 2120030004. BAB III.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text (BAB V)
Anisa Hamda. NIM 2120030004. BAB V.pdf - Published Version

Download (162kB)
[img] Text (Full Text)
Anisa Hamda. NIM 2120030004. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Masjid Raya Sumatera Barat merupakan salah satu objek Wisata religi yang memiliki potensi besar untuk mengembangkan ekonomi namun masih belum optimal dalam pelaksanaannya. tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan strategi pengembangan wisata religi di Masjid Raya Sumatera Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, pengisian kuesioner dan wawancara dengan pihak terkait masjid raya sumatera barat. Data yang terkumpul kemudian diidentifikasi dengan menggunakan pendekatan business model canvas dianalisis lanjutan dengan SWOT Analisys sehingga model bisnis yang ada dapat dikembangkan menjadi bisnis wisata religi. Penelitian ini menghasilkan strategi yang dapat digunakan oleh Masjid Raya Sumatera Barat dalam mengembangkan wisata religi berupa penerapan agresive strategy dengan cara mengoptimalkan potensi kekuatan dan peluang yang ada seperti: Maksimalkan Kreativitas promosi dalam media sosial seperti: Instagram, Facebook, Youtube, Website. Pengelola mengidentifikasi terkait keperluan pengunjung Masjid Raya Sumatera Barat dan mencoba untuk merealisasikannya dalam peningkatan pelayanan. Peningkatan kualitas pelayanan dengan memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pengunjung, Terus mengembangkan kerja sama baik itu komunitas maupun biro perjalanan untuk pengunjung serta fokus pada peningkatan kualitas. Melakukan optimalisasi tata kelola Masjid Raya Sumatera Barat yang lebih baik dengan mempertimbangkan keunikan masjid dan alur cost dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan, Wisata religi, SWOT, BMC
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:17
Last Modified: 03 Jan 2024 06:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18304

Actions (login required)

View Item View Item