Pengaruh Kompetensi Pedagogik guru Dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 5 Lembang Jaya Kabupaten Solok

Ridhatul, Husna (2023) Pengaruh Kompetensi Pedagogik guru Dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMPN 5 Lembang Jaya Kabupaten Solok. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER, PENGESAHAN, DAN PERSETUJUAN PEMBIMBING)
COVER_Pengesahan_Perstetujuan pbb_Kata Pengantar_Daftar Isi_Ridhatul Husna_2120010017.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I_RIDHATUL HUSNA_2120010017.pdf - Published Version

Download (361kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_RIDHATUL HUSNA_2120010017.pdf - Published Version

Download (343kB)
[img] Text (BAB V_DAFTAR PUSTAKA)
BAB V_DAFTAR PUSTAKA_RIDHATUL HUSNA_2120010017.pdf

Download (234kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT_RIDHATUL HUSNA_2120010017.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ridhatul Husna, NIM. 2120010017. Tesis: “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Lingkungan Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta didik di SMPN 5 Lembang Jaya Kabupaten Solok ”, Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2023 Peningkatan prestasi belajar peserta didik salah satunya dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu proses pembelajaran akan berlangsung dengan baik apabila didukung oleh guru yang mempunyai kompetensi yang tinggi. Karena guru merupakan ujung tombak dan pelaksana terdepan pendidik anak-anak di sekolah, dan sebagai pengembang kurikulum. Guru yang mempunyai kompetensi yang baik akan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik yang baik. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kompetensi pedagogik guru, lingkungan belajar yang dapat mempengaruhi motivasi peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: 1. Deskripsi kompetensi pedagogik guru, 2. Deskripsi lingkungan belajar, 3. Deskripsi motivasi belajar peserta didik, 4. Pengaruh signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik, 5. Pengaruh signifikan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik dan 6. Pengaruh signifikan kompetensi pedagogik guru dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik di SMPN 5 Lembang Jaya Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah 95 orang, dengan menggunakan teknik random sampling yang merujuk pada rumus slovin diperoleh sampel 77 orang. Instrumen Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian mengungkapkan, bahwa: (1)Deskripsi kompetensi pedagogik guru dikategorikan baik sebesar 81.87%, (2) Deskripsi lingkungan belajar dikategorikan baik sebesar 69,64%, (3). Deskripsi motivasi belajar peserta didik dikategorikan tinggi sebesar 72,74%, (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 56%, (5) terdapat pengaruh yang tidak signifikan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 29%, dan (6) terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik SMPN 5 Lembang Jaya secara bersama-sama sebesar 57%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengaruh kompetensi pedagogik guru dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik, baik secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik. Sehingga disarankan agar guru dapat meningkatkan kompetensi pedagogik menjadi guru yang professional upaya meningkatkan kompetensi pedagogik guru diperlukan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Agama Islam Umum > Riset Penelitian Agama Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jan 2024 06:20
Last Modified: 02 Jan 2024 06:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18285

Actions (login required)

View Item View Item