PENGARUH BEBAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Perusahaan Manufakur Sub Sektor Food & Beverage yang Terdaftar di BEI 2017-2021)

Riska, - (2023) PENGARUH BEBAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Kasus Perusahaan Manufakur Sub Sektor Food & Beverage yang Terdaftar di BEI 2017-2021). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER, ABSTRAK, PENGESAHAN)
COVER, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (826kB)
[img] Text (BAB 1)
SKRIPSI RISKA BAB I.pdf - Published Version

Download (160kB)
[img] Text (BAB 3)
SKRIPSI RISKA BAB III.pdf - Published Version

Download (301kB)
[img] Text (BAB 5 DAN DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI RISKA BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI RISKA FULL FIXXXXX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah perusahaan umumnya cendrung meminimalisir laba yang dilaporkan untuk mengurangi jumlah pajak yang dibayarkan agar perusahaan memperoleh laba yang besar. Sehingga manajer termotivasi melakukan manajemen laba untuk penghematan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur sub sektor food & beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2021. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan menggambarkan benar atau tidaknya fakta-fakta yang ada, serta menjelaskan tentang hubungan antar variabel yang diteliti dengan cara mengumpulkan data, mengolah, menganalisis dan menginterprestasi data dalam pengujian hipotesis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur sub sektor food & beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode 2017-2021 yang berjumlah 25 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 perusahaan selama 5 tahun sehingga total sampel yang digunakan sejumlah 40 laporan keuangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi dokumentasi dimana pengumpulan data diperoleh dari laporan keuangan perusahaan manufaktur sub sektor food & beverage yang terdaftar di BEI tahun 2017-2021. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan bantuan program perangkat lunak Eviews 12. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa beban pajak tangguhan tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba hasil Uji Parsial (Uji-t) yang memiliki nilai t-hitung sebesar 0.993837 dengan signifikansi t sebesar 0.3275 > 0,05 artinya tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Beban Pajak Tangguhan, Manajemen Laba
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 14 Oct 2023 02:06
Last Modified: 14 Oct 2023 02:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18251

Actions (login required)

View Item View Item