Upaya Kepolisian Dalam Mengatasi Permasalahan Narkoba di Kabupaten Labuhanbatu Menurut Perspektif Syurthah (Studi Kasus Polres Labuhanbatu)

Siregar, Ziki Ardiyansyah (2023) Upaya Kepolisian Dalam Mengatasi Permasalahan Narkoba di Kabupaten Labuhanbatu Menurut Perspektif Syurthah (Studi Kasus Polres Labuhanbatu). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover)
cover Ziki.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I-1.pdf - Published Version

Download (534kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III-1.pdf - Published Version

Download (429kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V-DFTR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltex ziki)
FULLTEXT Ziki.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Upaya Kepolisian Dalam Mengatasi Permasalahan Narkoba di Kabupaten Labuhanbatu Menurut Perspektif Syurthah (Studi Kasus Polres Labuhanabtu)”. Disusun oleh Nama Ziki Ardiansyah Siregar, Nim 1813030041, Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah, Uin Imam Bonjol Padang. Peredaran narkoba di Indonesia dilihat dari aspek yuridisnya adalah sah keberadaannya. Undang-undang hanya melarang terhadap penggunaan narkoba tanpa izin. Keadaan inilah yang disalahgunakan oleh sebagian orang sebagai objek bisnis untuk meraup keuntungan pribadi. Penegakan hukum bagi pelaku kejahatan narkoba sudah banyak dilakukan oleh penegak hukum khususnya kepolisian, penegakan hukum ini diharapkan mampu menjadi garda terdepan guna menekan atau menghentikan peredaran narkoba secara illegal yang dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kehidupan bangsa Indonesia kedepannya. Di kabupaten labuhanbatu banyak terjadi kasus peredaran narkoba, daripada itu diperlukan keberadaan polri guna untuk mengendalikan kondisi masyarakat yang ideal (aman, tertib dan tentram) sesuai dengan apa yang diharapkan dalam undang-undang no 2 tahun 2002, yaitu, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Berdasarkan penjelasan diatas, muncul permasalahan dan pertanyaan yaitu. Pertama, bagaimana perspektif syurthah terhadap kebijakan polres labuhanbatu dalam upaya pemberantasan narkoba? Kedua, apa yang menjadi penyebab tingginya angka peredaran narkoba di labuhanbatu? Masalah utama dari penelitian ini adalah bagaimana upaya kepolisian dalam mengatasi permasalahan narkoba menurut perspektif syurthah. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan, yaitu jenis penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena apa yang terjadi dilapangan dan memasukkan konsep syurthah dalam perbandingan kinerja kepolisian dalam konsep tata negara dan islam. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pihak kepolisian dalam upaya pemberantasan narkoba sudah berupaya semaksimal mungkin, hanya saja jika ditinjau dari perspektif syurthah, syurthah lebih sering melakukan inovasi baru setiap waktu, sehingga langkah atau kebijakan yang dilakukan syurthah sulit dibaca oleh para pelaku kejahatan atau kemaksiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya,kepolisian,Syurthah,Narkoba
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:54
Last Modified: 13 Oct 2023 08:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18241

Actions (login required)

View Item View Item