PELAKSAAAN BIMBINGAN SPRITUAL DALAM MENGATASI KEKAMBUHAN PADA RESIDEN DI PANTI REHABILITASI SOSIAL KORBAN PENYALHGUNAAN NARKOBA YAYASAN PELITA JIWA INSANI KOTA PADANG

Putri, Elisa (2023) PELAKSAAAN BIMBINGAN SPRITUAL DALAM MENGATASI KEKAMBUHAN PADA RESIDEN DI PANTI REHABILITASI SOSIAL KORBAN PENYALHGUNAAN NARKOBA YAYASAN PELITA JIWA INSANI KOTA PADANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover-daftar isi)
cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
bab 1 final.pdf - Published Version

Download (545kB)
[img] Text (BAB III)
bab 3 final.pdf - Published Version

Download (604kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
bab v - dapus.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
fulltxt final.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “ Pelaksanaan Bimbingan Spiritual dalam Mengatasi Kekambuhan pada Residen di Panti Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Narkoba Yayasan Pelita Jiwa Insani Kota Padang,” disusun oleh Elisa Putri, NIM 1912020067 pada jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang Tahun 2023. Berdasarkan fenomena yang terjadi pada residen dipanti rehabilitasi mengenai keinginan mengosumsi kembali narkoba saat dilakukaknya rehabilitasi. Sebagai upaya mencegah terjadinya kekambuhan pada residen maka dilaksankan bimbingan spritual untuk mendekatkan diri kepada Allah. Keyataannya dilapangan setelah dilaksanakan bimbingan spritual kepada residen masih terdapat residen yang merasa terpaksa dalam melaksankan ibadah dan mempunyai tujuan untuk dapat dipulangkan . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui materi yang disampaikan dan metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan spritual Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Subjek penelitian adalah ustadz /pembimbing spritual yang melaksanakan bimbingan spritual. Dalam menetapkan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa Pelaksanaan Bimbingan Spritual dalam Mengatasi Kekambuhan pada Residen di Panti Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Narkoba Yayasan Pelita Jiwa Insani Kota Padang yaitu: 1) Materi yang disampaikan adalah akidah mengenai pengertian akidah , tujuan akidah dan menanamkan keyakinan residen kepada Allah, ibadah mengenai wudhu, shalat, doa dan dzikir dan akhlak mengenai akhlak kepada Allah, Rasul, diri sendiri, keluarga dan masyarakat 2) metode yang digunakan dalam pelaksanaan bimbingan spritual adalah metode langsung dengan menyampaikan secara tatap muka materi bimbingan spritual, metode tidak langsung dengan menggunakan media massa, metode wawancara dengan melakukan tanya jawab untuk mendapatlan informasi mengenai residen dan metode kelompok dengan membentuk kelompok untuk melakukan diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Spiritual, Kekambuhan dan Penyalahgunaan Narkoba
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:39
Last Modified: 13 Dec 2023 06:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18231

Actions (login required)

View Item View Item