Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas VII SMP N 1 Tigo Nagari

Sandra, Titik (2023) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kerja Sama Siswa Kelas VII SMP N 1 Tigo Nagari. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER Titik Sandra (1914040028).pdf - Published Version

Download (783kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 Skripsi Titik Sandra (1914040028).pdf - Published Version

Download (826kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 Skripsi Titik Sandra (1914040028).pdf - Published Version

Download (657kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 Skripsi Titik Sandra (1914040028).pdf - Published Version

Download (626kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI TITIK SANDRA (1914040028).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan kerja sama siswa SMP N 1 Tigo Nagari. Hal ini disebabkan karena siswa mengalami kesulitan dalam merepresentasikan soal uraian ke dalam model matematika dan siswa tidak mau terlibat aktif dalam kelompok. Adapun usaha yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran saintifik di kelas VII SMP N 1 Tigo Nagari. 2) mengetahui kerja sama siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas VII SMP N 1 Tigo Nagari. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Tigo Nagari tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 195 orang. Teknik random sampling digunakan untuk menentukan sampel, sehingga terpilih kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kerja sama siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t untuk kemampuan komunikasi matematis dan persentase derajat pencapaian untuk kerja sama. Berdasarkan hasil tes, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan komunikasi matematis kelas eksperimen 81,80 dan kelas kontrol 70,89. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunkan uji-t, diperoleh t_hitung>t_tabel = (2,61>1,68) maka keputusannya H_1 diterima, artinya kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar menggunakan pembelajaran saintifik di kelas VII SMP N 1 Tigo Nagari. Hasil pengolahan angket kerja sama siswa diperoleh derajat pencapaian sebesar 82,41 % dengan kriteria baik, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat kerja sama siswa yang baik setelah belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) di kelas VII SMP N 1 Tigo Nagari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Talk Write (TTW), Kemampuan Komunikasi Matematis, Kerja Sama
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:39
Last Modified: 19 Jan 2024 08:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18228

Actions (login required)

View Item View Item