Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Pair Check Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Gunung Talang

Hilya, Zahratul (2023) Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Pair Check Berbantuan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Zahratul Hilya 1914040057 Cover)
Cover Ok.pdf - Published Version

Download (676kB)
[img] Text (Zahratul hilya 1914040057 BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (452kB)
[img] Text (Zahratul Hilya. 1914040057 BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (615kB)
[img] Text (Zahratul Hilya.1914040057 BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (267kB)
[img] Text (Zahratul hilya 1914040057 Skripsi Full)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 2 Gunung Talang. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair check berbantuan mind mapping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik yang belajar menggunakan model kooperatif tipe pair check berbantuan mind mapping lebih tinggi dari pembelajaran saintifik. Jenis penelitian ini quasi experiment research (eksperimen semu) dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Gunung Talang sebanyak 275. Teknik pengambilan sampel di lakukan pada 9 kelas. Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil data ke 9 kelas terdistribusi normal, homogen dan kesamaan rata-rata. Kemudian dilakukan pemilihan sampel dengan cara random sampling, maka sampel yang terpilih adalah VII A sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pemahaman konsep matematis yang dianalisis dengan uji t . Berdasarkan hasil penelitian yang telah digunakan , diperoleh nilai rata-rata tes pemahaman konsep matematis di kelas eksperimen adalah 80,41 dan kelas kontrol 74,76. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh t tabel = 1,67 dan t hitung =2,17 sehingga di dapatkan t hitung (2,17) > (1,67) t tabel , maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe pair check berbantuan mind mapping terhadap pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII lebih tinggi dibandingkan pembelajaran saintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Kooperatif Tipe Pair check, Pemahaman Konsep berbantuan Mind Mapping
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:26
Last Modified: 17 Oct 2023 03:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18223

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item