KOMUNIKASI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN

GINDA, HARAHAP (2017) KOMUNIKASI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
Bahan Pendukung Dissertasi.pdf

Download (987kB)

Abstract

Kegiatan (proses) pendidikan pada hakikatnya adalah juga kegiatan komunikasi. Komunikasi inklud dalam proses pendidikan. Pemaknaan komunikasi pendidikan secara konseptual sesungguhnya adalah, Pertama: memformulasikan secara jelas keterlibatan komunikasi dalam pendidikan, Kedua: menjelaskan bahwa teori-teori komunikasi sesungguhnya dapat dan sangat vital dalam menunjang keberhasilan proses pendidikan. Ketiga: mengisyaratkan bahwa kegagalan komunikasi dalam proses pendidikan akan sangat mempengaruhi keberhasilan proses pendidikan itu sendiri. Urgensi komunikasi yang demikian, dan jika dikaitkan dengan kurang maksimalnya hasil yang dicapai pada kegiatan operasional pendidikan Islam, khususnya di lembaga-lembaga pendidikan Islam formal, paling tidak secara teoritis dapat dicari titik temu dengan kompetensi pendidik dalam melakukan komunikasi pendidikan. Permasalahan disertasi ini dirumuskan “ Bagaimana Komunikasi Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an ”. Dalam hal ini pembahasan difokuskan pada empat (4) masalah pokok yaitu : a. Bagaimana terminologi komunikasi pendidikan Islam dalam Al-Qur’an . b. Bagaimana komunikasi pendidikan dalam Al-Qur’an , ( meliputi : komunikasi pendidikan Islam antara pendidik dengan peserta didik, komunikasi pendidikan antara peserta didik dengan pendidik, dan komunikasi pendidikan antara peserta didik dengan peserta didik). c. Bagaimana tehnik penyampaian materi komunikasi pendidikan dalam Al-Qur’an . d. Bagaimana implementasi komunikasi pendidikan dalam Al-Qur’an . Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami bagaimana konsep komunikasi pendidikan dalam Al-Qur’an . Penelitian ini menggunakan pendekatan riset kepustakaan (library research), karena itu penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Disebut deskriptif karena disertasi ini bermaksud mengeksplorasi konsep komunikasi pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an dan kemudian didiskripsikan. .Disebut kualitatif karena data yang dihadapi berupa pernyataan-pernyataan verbal. Konsep-konsep yang diambil dari Al-Qur’an maupun hadis untuk keperluan tulisan ini disebut dengan “fakta”, dengan asumsi bahwa pernyataan Al-Qur’an maupun hadis merupakan refleksi dari realitas. Oleh sebab itu dalam memahami ayat sebagai rujukan (sumber), penelitian (disertasi) ini menggunakan ma’nawi (konsep/esensi) dengan begitu akan meliputi pendekatan teks/lafzi, dan akan diperoleh gambaran suasana historis, sosiologis, maupun psikologis terkait dengan ayat tersebut, dan pada akhirnya menjadikan ayat Al-Qur’an selalu kontekstual dalam waktu dan ruang yang berbeda.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Users 46 not found.
Date Deposited: 28 Nov 2018 04:05
Last Modified: 28 Nov 2018 04:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1822

Actions (login required)

View Item View Item