Implementasi Penerapan Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Nomor: P-005/Dj.III/Hk.00.7/10/2021 Tentang Pernikahan Dalam Masa Iddah Istri (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok)

Efendi, Bahrul (2023) Implementasi Penerapan Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Nomor: P-005/Dj.III/Hk.00.7/10/2021 Tentang Pernikahan Dalam Masa Iddah Istri (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER)
cover (2).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SAJA .pdf - Published Version

Download (781kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SAJA (1).pdf - Published Version

Download (784kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text (SKRIPSI LENGKAP)
ilovepdf_merged.pdf - Published Version

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang " Implementsi Penerapan Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Nomor : P-005/DJ.III/Hk.00.7/10/2021 Tentang Pernikahan dalam Masa Iddah Istri (Studi di Kantor Urusan Agama Kecamatan IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok)". Skripsi ini ditulis oleh Bahrul Efendi, NIM: 1613010041 pada Fakultas Syari’ah, Program Studi Hukum Keluarga. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya surat Edaran Nomor: P-005/DJ.III/Hk.00.7/10/2021 tentang masa iddah istri. Di dalam surat edaran tersebut disebutkan dalam point ketiga laki-laki bekas suami dapat melakukan pernikahan dengan perempuan lain apabila telah selesai masa iddah bekas istrinya. Tentu hal ini bertentangan atau tidak sesuai dengan apa yang di al-Quran, hadis dan Undang-undang. Seorang lelaki bisa langsung menikah dengan perempuan lain setelah terjadinya perceraian karena seorang laki-laki tidak memiliki masa iddah seperti wanita. Fokus masalah dalam penelitian ini tentang impelentasi surat edaran Dirjen Bimas Islam di Kantor Urusan Agama Kecamatan IX Koto Sungai Lasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi surat edaran Dirjen Bimas Islam Nomor: P 005/DJ.III/Hk.00.7/10/2021 tentang pernikahan dalam masa iddah istri. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Dalam pengumpulan data penulismenggunakan teknik wawancara, dengan sumber data kepala KUA, dua orang staf KUA IX Koto Sungai Lasi. Data yang digali mengenai persepsi terhadap surat Edaran Nomor: P 005/DJ.III/Hk.00.7/10/2021 tentang pernikahan dalam masa iddah istri. Dari hasil penelitian ini, tiga informan berpersepsi mengenai surat edaran bahwa memang surat edaran tersebut memiliki tujuan yang baik demi kemaslahatan masyarakat walaupun benar bahwa surat edaran itu dikeluarkan demi mencegah terjadinya poligami di bawah tangan. Oleh karena itu KUA IX Koto Sungai Lasi berpersepsi bahwa laki-laki yang ingin menikah lagi jika terdapat dalam masa idah istri, maka dalam hal ini laki-laki tersebut harus membut surat perjanjian bahwa tidak akan kembali ke mantan istri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pernikahaan Dalam Masa Iddah, Poligami, Surat Edaran.
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:35
Last Modified: 13 Oct 2023 08:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18216

Actions (login required)

View Item View Item