Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Realistic Mathematics Education Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Berbantuan Flipbook Topik Bangun Ruang Sisi Datar di MTsN 6 Agam

Aida, Zahratul (2023) Pengembangan Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Realistic Mathematics Education Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman Berbantuan Flipbook Topik Bangun Ruang Sisi Datar di MTsN 6 Agam. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Zahratul Aida. NIM. 1914040052. Cover-Daftar Isi)
Skripsi Zahratul Aida Cover Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Zahratul Aida. NIM. 1914040052. BAB I)
Skripsi Zahratul Aida Bab 1 Watermark.pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Text (Zahratul Aida. NIM. 1914040052. BAB III)
Skripsi Zahratul Aida Bab 3 Watermark.pdf - Published Version

Download (752kB)
[img] Text (Zahratul Aida. NIM. 1914040052. BAB V-DAPUS)
Skripsi Zahratul Aida Bab 5 & Dapus Watermark.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (Zahratul Aida. NIM. 1914040052. Full Text)
Skripsi Zahratul Aida Full Text Fixxxxx.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Hasil studi yang dilakukan oleh Programe for International Student Assesment (PISA) menunjukkan kemampuan literasi matematika peserta didik berada di bawah skor rata-rata. Peringkat yang selalu berada di posisi terbawah menunjukkan bahwa diperlukan peningkatan kualitas pendidikan matematika. Pembelajaran matematika cenderung berlangsung secara teoritis atau teacher center. Materi pembelajaran belum memenuhi semua kebutuhan belajar peserta didik. Pendidik juga belum mengaitkan materi pelajaran dengan nilai-nilai Islam. Hal ini mendasari desain alur pembelajaran topik bangun ruang sisi datar berbasis Realistic Mathematics Education. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang Hypothetical Learning Trajectory berbasis Realistic Mathematics Education terintegrasi nilai-nilai Islam, diimplementasikan melalui e-LKPD berbantuan flipbook yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan design research menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dengan pendidik dan peserta didik kelas VIII MTsN 6 Agam, daftar checklist, lembar validasi, dan angket praktikalitas oleh pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menghasilkan desain pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education terintegrasi nilai-nilai keislaman topik bangun ruang sisi datar yang valid dan praktis dengan alur yaitu menemukan konsep luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas. Uji coba ini menunjukkan bahwa e-LKPD dengan bantuan flipbook menarik, mudah dipahami, dan efektif dalam memotivasi peserta didik dalam belajar serta memahami konsep matematika. Alur pembelajaran berbasis RME yang terintegrasi nilai-nilai keislaman serta e-LKPD yang dikembangkan telah valid dan praktis. Produk ini memenuhi prinsip-prinsip RME dan cocok untuk pembelajaran bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Flipbook, Integrasi Nilai-Nilai Islam, Realistic Mathematics Education, Hypothetical Learning Trajectory.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:38
Last Modified: 17 Oct 2023 03:38
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18213

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item