ELVI, SUSANTI (2018) KORELASI ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPS DAN KREATIVITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 14 PADANG. Masters thesis, UIN IB Padang.
Text
Elvi Susanti NIM 088 15 2339.pdf Download (3MB) |
Abstract
Elvi Susanti, NIM. 088152339. Korelasi antara Strategi Pembelajaran Mind Maps dan Kreativitas Belajar dengan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Padang. Tesis, Padang: Program Sarjana UIN Imam Bonjol Padang, Program Studi Pendidikan Agama Islam, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru Pendidikan Agama Islam yang kurang memperhatikan keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran. Ini dibuktikan dengan keadaan suasana sekolah yang cenderung kurang kondusif, pembelajaran yang dilakukan lebih mengutamakan pencapaian ranah kognitif, pemberian pertanyaan yang diberikan kepada peserta didik yang menghalangi perkembangan imajinasi, dan lain-lain. Namun dalam kondisi seperti itu guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 14 Padang mampu mengembangkan strategi mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi strategi pembelajaran mind maps terhadap hasil, korelasi kreativitas belajar terhadap hasil, dan korelasi strategi pembelajaran mind maps dan kreativitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah field research dengan metode kuantitatif melalui pendekatan korelasi. Populasinya 262 peserta didik, teknik pengambilan sampel Proportional Startified Random Sampling, sehingga diperoleh sampel 72 peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Pengolahan data dengan cara uji persyaratan ilmiah dan uji hipotesis. Hasil penelitian mengungkap: 1)Strategi mind maps secara positif dan signifikan memiliki korelasi dengan prestasi belajar, ini dapat diketahui dari uji r, dimana r hitung untuk variabel strategi mind maps adalah sebesar 3,555, sedangkan nilai r tabel 2,35 jadi nilai r hitung > r tabel, berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai sig 0.001 < α (0.05). Adapun besarnya koofisien regresinya sebesar 0,66 dan besarnya korelasi strategi mind maps dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) peserta didik di SMP Negeri 14 Padang adalah 11%., 2) Kreativitas belajar memiliki korelasi yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar peserta didik, ini dapat diketahui dari uji r, dimana r hitung untuk variabel kreativitas belajar peserta didik adalah sebesar 3,76 sedangkan nilai r tabel 2,35, jadi nilai thitung > ttabel, berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai sig 0.000 < α (0.05). Adapun besarnya koofisien regresinya sebesar 0,05 dan besarnya korelasi kreativitas belajar peserta didik dengan prestasi belajar peserta didik pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 14 Padang adalah 18,1%. 3) Korelasi strategi mind maps dan kreativitas belajar dengan prestasi belajar, ini dapat diketahui dari uji F, dimana Fhitung untuk variabel variasi mengajar guru dan lingkungan belajar peserta didik secara bersama-sama adalah 3,160 sedangkan nilai Ftabel 2,35, jadi nilai Fhitung > Ftabel, berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Nilai sig 0.000 < α (0.05). Adapun besarnya koofisien regresinya sebesar 0,057 dan besarnya korelasi strategi mind maps dan kreativitas belajar peserta didik secara bersamaan dengan prestasi belajar bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 14 Padang adalah 29%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 38 not found. |
Date Deposited: | 27 Nov 2018 04:02 |
Last Modified: | 27 Nov 2018 04:03 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1821 |
Actions (login required)
View Item |