Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang

Alfika, Fitri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Gunung Talang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Fitri Alfika. 1914040072.Cover)
SKRIPSI COVER_FITRI ALFIKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fitri Alfika. 1914040072.BAB I)
SKRIPSI BAB I_FITRI ALFIKA.pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (Fitri Alfika. 1914040072.BAB III)
SKRIPSI BAB III_FITRI ALFIKA .pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (Fitri Alfika. 1914040072. BAB V)
SKRIPSI BAB V_FITRI ALFIKA..pdf - Published Version

Download (11MB)
[img] Text (Fitri Alfika. 1914040072. Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULLTEXT_FITRI ALFIKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan disposisi matematis peserta didik kelas VII SMPN 2 Gunung Talang. Salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 2 Gunung Talang yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran CUPs lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran saintifik, 2) mengetahui disposisi matematis peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan rancangan randomized control group only design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 2 Gunung Talang sebanyak 275 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling maka sampel yang terpilih adalah kelas VII.I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang dianalisis dengan uji-t dan kemampuan data disposisi matematis diambil menggunakan angket yang dianalisis dengan melihat persentase derajat pencapaian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis di kelas eksperimen adalah 82,14 dan kelas kontrol adalah 75,36. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh t_(tabel )= 1,67 dan t_(hitung )= 2,18 sehingga t_(hitung ) > t_(tabel ), maka keputusannya adalah H_(0 )ditolak dan H_1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Persentase disposisi matematis peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran CUPs 94,38% dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Disposisi Matematis.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:25
Last Modified: 17 Oct 2023 03:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18184

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item