Pengintegrasian Nilai-Nilai Keislaman Berbantuan Flipbook Dalam Mengembangkan Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Realistic Mathematics Education Topik Bangun Ruang Sisi Lengkung Di MtsN 5 Padang

Aisyah, Aisyah (2023) Pengintegrasian Nilai-Nilai Keislaman Berbantuan Flipbook Dalam Mengembangkan Hypothetical Learning Trajectory Berbasis Realistic Mathematics Education Topik Bangun Ruang Sisi Lengkung Di MtsN 5 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Aisyah. 1914040047 COVER)
COVER-DAFTAR ISI....pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (Aisyah. 1914040047 BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (508kB)
[img] Text (Aisyah. 1914040047 BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (732kB)
[img] Text (Aisyah. 1914040047 BAB V)
BAB V - DAPUS.pdf - Published Version

Download (498kB)
[img] Text (Aisyah. 1914040047 Full Text)
FULLTEXT AISYAH....pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pembelajaran matematika sering terjadi dengan transfer pengetahuan dengan pendidik menyampaikan informasi dan peserta didik menggunakan pengetahuan baru tersebut untuk menyelesaikan soal latihan. Peserta didik cenderung menghafal rumus dan kurang dilatih menyelesaikan soal yang berkaitan dengan masalah sehari-hari. Selain itu, bahan ajar yang digunakan belum mengintegrasikan nilai-nilai keislaman ke dalam proses pembelajaran. Hal tersebut mendasari untuk dilakukan perancangan alur pembelajaran topik bangun ruang sisi lengkung terintegrasi nilai-nilai keislaman. Tujuan penelitian ini adalah merancang Hypothetical Learning Trajectory berbasis Realistic Mathematics Education terintegrasi nilai-nilai keislaman topik bangun ruang sisi lengkung yang diimplementasikan dalam bentuk e-LKPD berbantuan Flipbook yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan design research dengan model Plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pengembangan (prototyping phase), dan fase penilaian (assessment phase). Subjek penelitian adalah kelas IX MTsN 5 Padang. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, daftar check list, lembar validasi dan angket praktikalitas. Penelitian ini menghasilkan HLT topik bangun ruang sisi lengkung berbasis RME terintegrasi nilai-nilai keislaman. HLT diimplementasikan dalam bentuk e-LKPD yang berbantuan flipbook. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konteks yang dimuat dalam e-LKPD dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuannya untuk menemukan konsep dan rumus bangun ruang sisi lengkung. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa HLT berbasis RME terintegrasi nilai-nilai keislaman topik bangun ruang sisi lengkung sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Hypothetical Learning Trajectory (HLT), Realistic Mathematics Education (RME), Integrasi Nilai-Nilai Keislaman, Flipbook.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General) > Matematika
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:54
Last Modified: 17 Oct 2023 03:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18180

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item