EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAYAKUMBUH

ELMIDA, SYAM (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 PAYAKUMBUH. Masters thesis, UIN IB Padang.

[img] Text
ELMIDASYAM NIM 088 152340.pdf

Download (2MB)

Abstract

Elmidasyam, NIM. 088152340, “Efektifitas Penggunaan Laboratorium Pendidikan Agama Islam sebagai Sumber Belajar dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 1 Payakumbuh”. Program Pascasarjana Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Padang, 2018. Laboratorium pendidikan agama Islam merupakan ruangan khusus yang ditata dengan baik dengan bernuansa religious, misalnya musik, sajak, puisi religious dan video yang mengisahkan nuansa keberagamaan. Peserta didik secara bergiliran pada hari-hari yang ditentukan mengikuti pembelajaran di tempat tersebut. Pembelajaran pendidikan agama Islam di laboratorium PAI menitik beratkan pada pemberian pengalaman dan pengamatan langsung pada peserta didik, salah satunya dengan melakukan praktikum di laboratorium yang difungsikan sebagai sumber belajar peserta didik dalam materi pendidikan agama islam yang perlu dipraktikkan. Tujuan pembelajaran akan tercapai dengan baik jika sumber belajar sesuai dengan materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana efektifitas penggunaan laboratorium Pendidikan Agama Islam sebagai sumber belajar dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Payakumbuh?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan laboratorium PAI dilihat dari aspek penngunaan alat praktikum sebagai sumber belajar dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan laboratorium PAI dilihat dari prosedur penngunaan alat praktikum sebagai sumber belajar dalam meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, TU, guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Melalui penelitian ini ditemukan: pertama, laboratorium agama SMP Negeri 1 Payakumbuh dilihat dari segi efektifitas penggunaan alat praktikum PAI sudah efektif, hal ini ditandai dengan kesediaan alat dan bahan praktikum, dan alat yang dibutuhkan peserta didik sudah rasional (seimbang antara jumlah anak dan peralatan laboratorium). Materi yang efektif itu seperti pelaksanaan ibadah haji dan umroh, zakat fitrah dan penyelenggaraan jenazah. Sementara yang tidak efektifnya adalah seperti penyembelihan hewan qurban, thaharah, dan istinja’. Kedua, laboratorium agama sudah efektif dilihat dari aspek prosedur penngunaan alat praktikum PAI sebagai sumber belajar. Peserta didik memiliki lembar kerja praktikum yang diberikan oleh guru sebelum praktikum dimulai, peserta didik mengisi lembaran yang sudah diberikan sesuai dengan praktek yang ada di laboratorium agama. Peserta didik mengembalikan peralatan labor agama sesuai dengan prosedur yang berlaku, apaila siswa tidak mengembalikan alat sesuai dengan prosedur yang berlaku, maka peserta didik akan diberikan sanksi oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 38 not found.
Date Deposited: 27 Nov 2018 04:06
Last Modified: 27 Nov 2018 04:06
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1818

Actions (login required)

View Item View Item