Gerakan Sosial Pandeka di Kota Padang Tahun 1927 (Study Kasus Kontribusi Si Patai pada Perlawanan Rakyat Kota Padang Tahun 1927)

Yolanda, Efri (2023) Gerakan Sosial Pandeka di Kota Padang Tahun 1927 (Study Kasus Kontribusi Si Patai pada Perlawanan Rakyat Kota Padang Tahun 1927). Skripsi thesis, Pasca sarjana.

[img] Text (BAB 1)
W 7 BAB I rev_2.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (BAB III)
W 9 BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
W 10 BAB IV.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (COVER - DAFTAR ISI)
Cover - daftar isi yola.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (TESIS FULLTEXT YOLA)
FULL TEXT YOLA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini berudul Kontribusi Si Patai Pada Perlawanan Rakyat Kota Padang Tahun 1927 (Studi Kasus Gerakan Sosial Pandeka di Kota Padang) yang ditulis oleh Efri Yolanda, NIM: 1920060005, Program Pascasarjana Prodi Sejarah Peradaban Islam UIN Imam Bonjol Padang 1444 H/ 2023 M. Penelitian ini membahas Kontribusi Si Patai pada perlawanan rakyat Kota Padang 1927. Penelitian ini bertujuan menganalisis sejarah pandeka di Kota Padang tahun 1927 serta mengkaji peran Si Patai pada perlawanan rakyat Kota Padang 1927. Penelitian ini dilakukan dengan metode historis, yaitu heuristik yakni mengumpulkan data dengan melakukan studi pustaka (library research). Masalah penelitian ini adalah bagaimana kontribusi Si Patai pada perlawanan rakyat Kota Padang 1927 dan bagaimana sejarah gerakan sosial pandeka di Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa awal mula perjuangan Si Patai tampak pada perang belasting 1908 dan terus berlanjut hingga perlawanan rakyat 1927. Ia adalah seorang pandeka yang lihai beladiri guna menjaga keamanan nagarinya (parik paga nagari). Selain itu, ilmu beladiri juga berfungsi untuk membawa seseorang kearah pribadi yang baik berdasarkan kepercayaan kepada Tuhan. Si Patai dicap pemerintah sebagai bandit (perusuh) karena ia terus membuat onar dan melawan pemerintah secara terang-terangan. Semangat juang Si Patai bisa dikatakan sudah mendarah daging, sebab tradisi orang Pauh yang sudah sejak dulu anti-penjajah dan suka melawan penjajah. Perlawanan ini dilandasi oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Si Patai adalah seorang pahlawan rakyat Kota Padang yang berani melawan penjajah dengan cara mengacaukan pemerintahan dan mendirikan organisasi bahwah tanah yang disebut Sarekat Djin. Anggota Sarekat Djin terdiri dari pengikut setia Si Patai yang juga ahli beladiri serta juga ada dari kalangan masyarakat umum. Si Patai menjalankan aksi berbahaya dan menjadi buronan nomor satu polisi. Berbagai aksi Si Patai nyatanya mampu membuat pemerintah kolonial ketar ketir. Kata Kunci: Si Patai, Perlawanan Rakyat, Pandeka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Padang, Perlawanan Rakyat, Pandeka
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:43
Last Modified: 04 Jan 2024 03:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18171

Actions (login required)

View Item View Item