Tradisi Mamangkeh Gombak Sebelum Pernikahan di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok Perspektif Al-‘Urf

Ilahi, Engra (2023) Tradisi Mamangkeh Gombak Sebelum Pernikahan di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok Perspektif Al-‘Urf. Skripsi thesis, SYARIAH.

[img] Text
Engra Ramadhan Ilahi. NIM 1913010194. FullText.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Engra Ramadhan Ilahi. NIM 1913010194. Cover, Surat Pengesahan, Abstrak, Daftar Isi.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Engra Ramadhan Ilahi. NIM 1913010194. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Engra Ramadhan Ilahi. NIM 1913010194. BAB III.pdf

Download (792kB)
[img] Text
Engra Ramadhan Ilahi. NIM 1913010194. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Tradisi Mamangkeh Gombak Sebelum Pernikahan Di Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah Kabupaten Solok Perspektif Al-‘Urf. Oleh Engra Ramadhan Ilahi Dengan Nim 1913010194. Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (Uin) Imam Bonjol Padang. Tradisi mamangkeh gombak adalah salah satu tradisi adat yang dilakukan sebelum pernikahan di Nagari Batu Bajanjang, Kabupaten Solok. Tradisi ini memiliki akar yang dalam dalam budaya setempat dan telah menjadi bagian penting dari persiapan pernikahan. Namun, penting untuk memahami bagaimana tradisi ini dapat diselaraskan dengan perspektif hukum Islam dan 'urf (tradisi) yang lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam faktor-faktor yang melatarbelakangi, dan bagaimana praktik pelaksanaan tradisi mamangkeh gombak di Nagari Batu Bajanjang, serta mengeksplorasi bagaimana 'urf (tradisi) mempengaruhi tradisi ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap pasangan suami-istri di Nagari Batu Bajanjang yang melaksanakan tradisi mamangkeh Gombak. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa tradisi mamangkeh gombak merupakan tradisi turun-temurun yang dilakukan sebelum pernikahan di Nagari Batu Bajanjang. Tradisi ini melibatkan sejumlah langkah, termasuk pertemuan keluarga besar calon pengantin, makan bersama, pengumpulan sumbangan uang, pemotongan rambut, nasehat pernikahan, dan syukuran atau berdoa bersama. Tradisi ini dianggap penting karena di anggap dapat membantu kelangsungan pernikahan dan memperkuat hubungan antara keluarga besar calon pengantin serta terdapat banyak maslahat baik kepada calon pengantin maupun terhadap keluarga dan undangan yang hadir. Tradisi mamangkeh gombak di Nagari Batu Bajanjang memiliki nilai penting dalam budaya setempat dan dianggap sebagai langkah penting sebelum pernikahan. Meskipun tradisi ini tidak berhubungan secara langsung dengan agama namun ia mengndung nilai-nilai ajaran Islam dan dihormati sebagai bagian dari 'urf (tradisi) masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana tradisi lokal dapat diintegrasikan dengan perspektif 'urf dan bagaimana tradisi ini mempengaruhi persiapan pernikahan di Nagari Batu Bajanjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pernikahan, Mamangkeh gombak, ‘Urf
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:40
Last Modified: 16 Oct 2023 04:40
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18161

Actions (login required)

View Item View Item