Pengaruh Penggunaan Media Pancaman (Papan tancap tepat keberagaman) Untuk meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 08 Lunang

Reza Okta Nia, Nia (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pancaman (Papan tancap tepat keberagaman) Untuk meningkatkan Literasi Budaya dan Kewargaan Peserta Didik Kelas IV di SD Negeri 08 Lunang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover Dsb.)
cover abstarck pengesahan nia.pdf - Published Version

Download (748kB)
[img] Text (BAB 1 NIA 0021)
BAB I,2 FULL.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (BAB III NIA 0021)
BAB III REVISI 1 FIXXXXX 1.pdf - Published Version

Download (409kB)
[img] Text (BAB V DAFTAR PUSTAKA NIA 0021)
BAB V, DAFTAR PUSTAKA FULL NIA OKTA REZA 0021.pdf - Published Version

Download (419kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI NIA 0021)
FULL SKRIPSI NIA OKTA REZA 0021.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik agar mengalami peningkatan terhadap Literasi Kebudayaan, sehingga berdampak pada hasil belajar Pendidikan Pancasila peserta didik kelas IV yang berjumlah 16 peserta didik terdapat 3 peserta didik atau 37,5% yang berada dibawah KKM atau dikategorikan rendah, yang diterapkan adalah 75. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan media papan tancap tepat keberagaman. Tujuan dari penulisan Skripsi yaitu untuk mengetahui Pengaruh Media Pembelajaran (Pancaman) Papan Tancap Tepat Keberagaman untuk meningkatkan literasi kebudayaan dan kewargaan peserta didik Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di SD Negeri 08 Lunang. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas kelas IV A Dan IV B sebanyak 35 peserta didik. Pengambilan sampel yang digunakan dengan menggunakan cluster sampling. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen atau kelas literasi budaya adalah kelas IVB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan spss 18. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai post-test kelas eksperimen atau kelas literasi budaya 84,375%. Berdasarkan uji hipotesis dengan spss versi 18 diperoleh signifikan dalam dua sisi atau sig (2-tailed) sebesar=0,0022 maka dapat diambil kesimpulan bahwa (0,0022<0,05). Oleh karena itu dapat dikatakan HO yang berbunyi tidak terdapat pengaruh media pembelajaran Pancaman untuk meningkatkan literasi kebudayaan peserta didik ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Pancaman (Papan tancap tepat keberagaman) untuk meningkatkan literasi kebudayaan dan kewargaan peserta didik mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan kelas IV Di SD Negeri 08 Lunang. Kata kunci: Media Pancaman, Literasi budaya dan kewargaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pancaman, Literasi Budaya dan kewargaan
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:52
Last Modified: 31 Jan 2024 07:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18149

Actions (login required)

View Item View Item