Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Kota Pariaman

Apnika, Ranti (2023) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik Kelas VIII SMP N 1 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
cover ranti.pdf - Published Version

Download (394kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (978kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (542kB)
[img] Text (SKRIPSI RANTI APNIKA)
SKRIPSI RANTI APNIKA_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Kota Pariaman yang sebagian besar belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching. Perbedaan dari gaya kognitif peserta didik juga akan mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching berdasarkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang ditinjau dari gaya kognitif lebih tinggi daripada peserta didik yang pembelajarannya secara langsung di kelas VIII SMPN 1 Kota Pariaman.Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (quasi eksperimental research) dengan rancangan penelitian factorial design 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N1 Kota Pariaman yang berjumlah 154 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan random sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII1 sebagai kelas kontrol. Untuk mengetahui gaya kognitif peserta didik Field Independent dan Field Dependent dilakukan dengan memberikan peserta didik tes GEFT (Group Embedded Figures Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan gaya kognitif field independent lebih tinggi daripada peserta didik dengan gaya kognitif field dependent karena FI dapat memenuhi seluruh indikator kemampuan pemecahan masalah daripada FD, 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan model reciprocal teaching lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan model pembelajaran ekspositori dengan rata-rata hasil belajar peserta didik pada kemampuan pemecahan masalah yaitu kelas eksperimen memperoleh skor 71,05 sedangkan kelas kontrol memperoleh skor 59,69, 3) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan gaya kognitif FI dan FD dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik gaya kognitif FI dan FD peserta didik yang menerapkan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reciprocal Teaching, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Jan 2024 03:20
Last Modified: 19 Jan 2024 08:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18146

Actions (login required)

View Item View Item