Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 1 Gunung Tuleh

HASTUTI, WINGKI DELLA (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di Kelas X SMAN 1 Gunung Tuleh. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover ok.pdf - Published Version

Download (406kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I BARU.pdf - Published Version

Download (152kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (382kB)
[img] Text (BAB v)
BAB V watermark.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (FULL TEXT)
bab1-5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

SMAN 1 Gunung Tuleh merupakan sekolah yang sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka. Dalam kurikulum merdeka harus disusun seperti perencanaan pembelajaran, pelaksanakaan pembelajaran yang berdiferensiasi serta asesmen atau penilaian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika di kelas X SMAN 1 Gunung Tuleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data angket dengan persentase, analisis wawancara dan analisis dokumen dengan deskripsi. Subjek penelitian ini adalah 3 orang pendidik matematika dan siswa kelas X1 sampai X6. Hasil penelitian menunjukkan pendidik sudah mengimplementasikan kurikulum merdeka tahun ajaran 2022/2023. Terlihat bahwa pendidik dalam merencanakan pembelajaran dengan menuliskan capaian pembelajaran (CP), menyusun tujuan pembelajaran (TP), dan alur tujuan pembelajaran (ATP) serta modul ajar disusun sudah sesuai dengan ketentuan kurikulum merdeka. Hasil angket menunjukkan bahwa aspek perencanaan pembelajaran yang dilakukan pendidik masuk dalam kategori sangat baik(84,17%). Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidik telah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil angket menunjukkan bahwa aspek pelaksanaan pembelajaran menurut pendidik sangat baik (82%) dan menurut peserta didik juga sangat baik (77,37%). Dalam aspek asesmen atau penilaian sudah menerapkan asesmen formatif berupa penilaian sikap dalam kegiatan belajar dan asesmen sumatif berupa tes pengetahuan. Namun, pendidik masih kesulitan dalam menentukan waktunya agar asesmen efektif.Untuk hasil angket aspek asesmen atau penilaian pembelajaran yang dilakukan pendidik menunjukkan kategori sangat baik (77%). Sehingga implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika di SMAN 1 Gunung Tuleh sudah terimplementasikan dengan sangat baik tetapi belum sempurna

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Matematika
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Jan 2024 08:53
Last Modified: 19 Jan 2024 08:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18144

Actions (login required)

View Item View Item