Penyelesaian Syiqaq oleh Hakam dan Relevansinya dengan Pendapat Imam Syafiì (Studi Kasus di Kelurahan Lubuk Minturun Kota Padang)

`Delfira, Fikri Wahyu (2023) Penyelesaian Syiqaq oleh Hakam dan Relevansinya dengan Pendapat Imam Syafiì (Studi Kasus di Kelurahan Lubuk Minturun Kota Padang). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover)
Fikri Wahyu Delfira 1813010064 COVER.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (BAB I)
Fikri Wahyu Delfira NIM 1813010064 BAB I.pdf - Published Version

Download (393kB)
[img] Text (BAB III)
Fikri Wahyu Delfira NIM 1813010064 BAB III.pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar pustaka)
Fikri Wahyu Delfira NIM 1813010064 BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (223kB)
[img] Text (Fulltext)
Fikri Wahyu Delfira 1813010064 Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Penyelesaian Syiqaq oleh Hakam dan Relevansinya dengan Pendapat Imam Syafi`i (Studi Kasus di Kelurahan Lubuk Minturun Kota Padang) disusun oleh Fikri Wahyu Delfira, NIM: 1813010064 Prodi Hukum Keluarga Fakultas Syari`ah UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pertengkaran di antara suami isteri yang belum bisa diselesaikan oleh kedua suami isteri tersebut dan akhirnya diutuslah hakam untuk menjadi penengah dari perkara tersebut. Pertanyaan penelitian ada dua yaitu pertama, bagaimana penyelesaian syiqaq oleh hakam di Kelurahan Lubuk minturun Kota Padang. Kedua, bagaimana tinjauan pendapat Imam Syafi`i terhadap penyelesaian syiqaq oleh hakam di Lubuk Minturun Kota Padang. Menggunakan metode Empiris. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Field Research. Metode pendekatan yang dipergunakan adalah analisis secara pendekatan kualitatif. Data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dengan hakam dan para pihak yang berupaya mendamaikan permasalahan syiqaq di Kelurahan Lubuk Minturun. Data sekunder diperoleh dari peraturan perundang-undangan, KHI dan buku- buku perpustakaan, literatur fikih mengenai kewenangan hakam dalam menyelesaikan permasalahan syiqaq dengan menggunakan teknik pengumpulan dokumen. Untuk teknik analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Analisis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut; Pertama, praktek penyelesaian syiqaq oleh hakam di Kelurahan Lubuk Minturun Kota Padang adalah dengan cara mendatangi para pihak, hakam mencari akar permasalahan di antara kedua pihak, hakam memberikan pandangan yang bersifat mendamaikan. Kedua, tinjauan pendapat Imam Syafi`i terhadap penyelesaian syiqaq oleh hakam di Lubuk Minturun Kota Padang sudah relevan dengan pendapat tersebut, hal ini disebabkan karena hakam bertugas sebagi wakil dari pihak suami isteri menjalankan keinginan keduanya dan tidak untuk menceraikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Syiqaq, Hakam
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Perceraian Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:25
Last Modified: 13 Oct 2023 07:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18138

Actions (login required)

View Item View Item