Peran Tokoh Agama Dalam Menanggulangi Praktik Nikah Siri (Studi Kasus Di Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam)

Putra, Bima Cahya (2023) Peran Tokoh Agama Dalam Menanggulangi Praktik Nikah Siri (Studi Kasus Di Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (Cover, persetujuan pembimbing, pengesahan, kata pengantar, abstrak, daftar isi)
Bima Cahaya Putra-1613010011-HK-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Bima Cahaya Putra-1613010011-HK-BAB I.pdf - Published Version

Download (707kB)
[img] Text (BAB III)
Bima Cahaya Putra-1613010011-HK-BAB III.pdf - Published Version

Download (539kB)
[img] Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
BABV-DAFTARPUSTAKABIMA.pdf - Published Version

Download (652kB)
[img] Text (Sripsi Full Text)
Bima Cahaya Putra-1613010011-HK-Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini mengangkat judul tentang “PERAN TOKOH AGAMA DALAM MENANGGULANGI PRAKTIK NIKAH SIRI (Studi Kasus di Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam)”. Ditulis oleh Bima Cahya Putra, NIM : 1613010011 pada Fakultas Syariah, Program Studi Hukum Keluarga. Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya praktik pernikahan siri di Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Pernikahan siri adalah pernikahan yang sah menurut hukum Islam yaitu pernikahan yang memenuhi rukun dan syarat pernikahan yang sesuai dengan syariat Islam tetapi tidak dicatatkan kepada Kantor Urusan Agama (KUA), pernikahan siri melanggar ketentuan dalam Undang-Undang perkawinan sehingga diperlukan tindakan dan upaya pencegahan yang melibatkan tokoh agama. Tokoh agama sebagai salah satu pihak yang memiliki pengaruh dalam kehidupan bermasyarakat. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah tentang peran tokoh agama di Nagari Bayua dalam menanggulangi praktik nikah siri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan praktik nikah siri di Nagari Bayua dan faktor penyebabnya serta untuk mengetahui bagaimana peran tokoh agama dalam menanggulangi praktik nikah siri di Nagari Bayua. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara, dengan sumber data adalah pelaku nikah siri dan tokoh agama di Nagari Bayua, data yang digali dari narasumber mengenai pelaksanaan pernikahan siri dan faktor penyebabnya serta pandangan tokoh agama tentang nikah siri dan upaya tokoh agama dalam menanggulangi praktik nikah siri. Hasil penelitian adalah ditemukannya praktik nikah siri di Nagari Bayua dengan faktor penyebab seperti: ekonomi, pergaulan bebas, pengurusan perceraian yang dianggap rumit, ikatan dinas, pendidikan dan pengetahuan. Peran tokoh agama di Nagari Bayua dalam menanggulangi praktik nikah siri adalah seperti berikut: kerjasama dengan Wali Nagari, sosialisasi dan memberikan pemahaman tentang nikah siri, pendekatan kepada pemuda, memberikan motivasi nikah, metode dakwah dan fungsional sebagai niniak mamak. Kata Kunci : Nikah Siri, Tokoh Agama, Peran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nikah siri, tokoh agama, peran
Subjects: U Umum (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:31
Last Modified: 13 Oct 2023 04:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18095

Actions (login required)

View Item View Item