Rahmi, Silvia (2023) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS UIN IMAM BONJOL PADANG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH MAHASISWA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.
Text (COVER,PERSETUJUANPEMBIMBING,PENGESAHAN,KATAPENGANTAR,DAFTARISI)
COVER-DLL.pdf - Published Version Download (915kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (203kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (124kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (136kB) |
|
Text (FULL TEXT)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Humas UIN Imam Bonjol Padang dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa” disusun oleh Silvia Rahmi NIM 1912010050 pada Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fluktuatif atau pasang surut dari minat mahasiswa ditahun 2020 s/d tahun 2022 yang sangat signifikan di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Sementara itu pada tahun tersebut telah terjadi penularan virus Covid-19 yang mengakibatkan terhambatnya berbagai aktivitas diberbagai bidang terutama dalam bidang pendidikan. Karena hal itu penulis ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi humas UIN Imam Bonjol Padang dalam meningkatkan jumlah mahasiswa yang meliputi pesan promosi, media promosi dan efek promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan penelitian diambil dari civitas akademika humas yang terlibat dalam kegiatan promosi kampus UIN Imam Bonjol Padang yang terdiri dari empat orang informan dan beberapa orang mahasiswa angkatan 2020 s/d 2022. Teknik penetapan informan dengan teknik Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil data yang penulis peroleh, baik melalui observasi dan wawancara, bahwa strategi komuikasi yang digunakan humas UIN Imam Bonjol Padang dalam meningkatkan jumlah mahasiswa, ditinjau dari pesan promosi ada dua yaitu pesan verbal seperti dialog tatap muka dan pesan non verbal seperti kegiatan-kegiatan seminar yang dilakukan menggunakan zoom. Ditinjau dari media promosi yang digunakan dibagi dalam tiga bentuk, yaitu media cetak, elektonik dan media sosial. Dari efek promosi ditinjau dari tiga aspek, pertama efek kognitif, yaitu bertambahnya pengetahuan calon mahasiswa tentang kampus UIN Imam Bonjol Padang. Kedua efek afektif, yaitu adanya perubahan sikap dari calon mahasiswa setelah menggali informasi tentang kampus UIN Imam Bonjol Padang. Ketiga efek behavioral, yaitu berupa tindakan yang diambil setelah memahami informasi mengenai kampus UIN Imam Bonjol Padang. Komuninator pada Strategi humas UIN Imam Bonjol Padang yaitu civitis akademika humas yang terlibat dalam promosi kampus UIN Imam Bonjol Padang. Komunikannya yaitu mahasiswa dan beberapa orang yang terlibat didalamnya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi komunikasi, Humas, Promosi Kampus |
Subjects: | U Umum (General) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FDIK |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 08:11 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 08:11 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18086 |
Actions (login required)
View Item |