Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Untuk Mencegah Perilaku Nongkrong Remaja di Desa Air Merah Kec. Malin Deman Kab. Mukomuko PRov. Bengkulu

ARNI, WENSY (2023) Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Untuk Mencegah Perilaku Nongkrong Remaja di Desa Air Merah Kec. Malin Deman Kab. Mukomuko PRov. Bengkulu. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (FULLTEXT)
SKRIPSI FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (COVER,DLL)
Wensy Arni_1812020011_Cover-Daftar isi.pdf - Published Version

Download (974kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I Wensy Arni.pdf - Published Version

Download (457kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 Wensy Arni.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 Wensy Arni.pdf - Published Version

Download (351kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Pelaksanaan Bimbingan Kelompok Untuk Mencegah Perilaku Nongkrong Remaja di Desa Air Merah Kec. Malin Deman Kab. Mukomuko Pov. Bengkulu” disusun oleh Wensy Arni, NIM 181202001 pada jurusan Bimbingan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi dari perilaku negatif remaja yang suka nongkrong sampai lupa waktu di Desa Air Merah Kec. Malin Deman Kab. Mukomuko, Prov. Bengkulu. Nongkrong merupakan salah satu prilaku negatif dimana sekelompok orang atau individu menghabiskan waktu untuk berkumpul dengan orang-orang tertentu disuatu tempat. Kebiasaan nongkrong remaja tersebut berdampak buruk untuk perkembangan remaja, maka dari fenomena tersebut perlunya bimbingan kelompok untuk mencegah kegiatan nongkrong yang sering dilakukakan remaja tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok untuk mencegah perilaku nongkrong remaja di Desa Air Merah Kec. Malin Deman Kab. Mukomuko Pov. Bengkulu yang dilihat dari pelaksanaan tahapan dan teknik bimbingan kelompok. Jenis penelitian skripsi ini adalah field researd ( Penelitian lapangan) dengan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif, subjek penelitian ini adalah seorang konselor di Desa Air Merah Kec. Malin Deman Kab. Mukomuko Prov. Bengkulu. Teknik penetapan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, teknik pengumpulan data skripsi ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data skripsi ini menggunakan data reduction ( reduksi data) dan conclusing drawing/verification ( penarikan kesimpulan ) Hasil penelitian ini menemukan bahwa, pada tahapan kegiatan bimbingan kelompok menggunakan 4 tahapan yaitu, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan dan tahap pengakhiran, dimana pada tahapan tersebut dapat dilihat berjalan atau tidaknya kegiatan bimbingan kelompok dilaksanakan. Pada proses bimbingan kelompok beberapa teknik yang biasa digunakan dalam pelaksanaan bimbingan kelompok yaitu, antara lain, pemberian informasi, diskusi kelompok, pemecahan masalah (problem solving).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Remaja, Bimbingan Kelompok, Nongkrong
Subjects: U Umum (General) > Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 13 Oct 2023 08:26
Last Modified: 13 Oct 2023 08:26
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18080

Actions (login required)

View Item View Item