Pelaksanaan Kewajiban Nafkah Keluarga pada Masyarakat Suku Anak Dalam di Nagari Padang Limau Sundai Kabupaten Solok Selatan

Athira, Nisrina (2023) Pelaksanaan Kewajiban Nafkah Keluarga pada Masyarakat Suku Anak Dalam di Nagari Padang Limau Sundai Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER)
NISRINA ATHIRA-1913010159-HK-Cover Dll_removed_removed.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
NISRINA ATHIRA-1913010159-HK-BAB I.pdf - Published Version

Download (600kB)
[img] Text (BAB III)
NISRINA ATHIRA-1913010159-HK-BAB III.pdf - Published Version

Download (555kB)
[img] Text (BAB V)
NISRINA ATHIRA-1913010159-HK-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (519kB)
[img] Text (FULL TEXT)
NISRINA ATHIRA-1913010159-HK-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah masyarakat Suku Anak Dalam yang ada di Nagari Padang Limau Sundai masih belum memiliki tempat kediaman yang layak bagi istri dan anak-anaknya, dan juga anak-anak dalam keluarga Suku Anak Dalam ini tidak bersekolah dan tidak ada pemberian biaya pendidikan untuk anak-anaknya. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi pertanyaan penelitiannya adalah: Pertama, siapa pencari nafkah dalam keluarga Suku Anak Dalam Nagari Padang Limau Sundai? Kedua, siapa pengelola nafkah dalam keluarga Suku Anak Dalam Nagari Padang Limau Sundai? Ketiga, bagaimana pemberian nafkah anak pada masyarakat Suku Anak Dalam Nagari Padang Limau Sundai? Metode penelitian yang digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut ialah dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, bahwa yang mencari nafkah dalam keluarga Suku Anak Dalam Nagari Padang Limau Sundai adalah tanggung jawab suami. Sesuai dengan UU no. 1 tahun 1974 jo UU no. 16 tahun 2019 tentang perkawinan pasal 34 ayat 1 dan KHI pasal 80 ayat 2. Kedua, pengelola nafkah dalam keluarga Suku Anak Dalam Nagari Padang Limau Sundai adalah tanggung jawab istri. Sejalan dengan UU no. 1 tahun 1974 jo UU no. 16 tahun 2019 tentang perkawinan pasal 34 ayat 2 dan KHI pasal 83 ayat 2. Adapun tata kelola nafkahnya adalah dengan memenuhi kebutuhan pokok terlebih dahulu, hanya saja kebutuhan untuk tempat tinggal mereka masih belum layak untuk ditempati dalam keluarganya, kemudian tata kelola nafkah selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan tambahan, setelah itu uang yang tersisa mereka tabung untuk masa depannya. Ketiga, sebagian pelaksanaan kewajiban nafkah untuk anak-anak mereka sudah terpenuhi mulai dari pakaian, makan dan minum, biaya perawatan sampai dengan biaya pengobatannya, akan tetapi dari segi tempat tinggal dan biaya pendidikan untuk anak mereka masih belum terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nafkah Keluarga dan Suku Anak Dalam
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:37
Last Modified: 13 Oct 2023 07:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18073

Actions (login required)

View Item View Item