Makna Pesan Dakwah Terkait Konflik Dalam Film Merindu Cahaya de Amstel (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Ayuli Arpis, Pipi (2023) Makna Pesan Dakwah Terkait Konflik Dalam Film Merindu Cahaya de Amstel (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover (1).pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab I)
Pipi Arpis Ayuli_1812010111 BAB I.pdf - Published Version

Download (683kB)
[img] Text (Bab III)
Pipi Arpis Ayuli_1812010111_BAB III.pdf - Published Version

Download (465kB)
[img] Text (Bab V)
ilovepdf_merged (5).pdf - Published Version

Download (699kB)
[img] Text (Skripsi full)
full.pdf - Published Version

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Pesan Dakwah Terkait Konflik Dalam Film Merindu Cahaya de Amstel (Analisis Semiotika Roland Barthes). Ditulis oleh Pipi Arpis Ayuli NIM 1812010111 Pada jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang tahun 2023 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh media komunikasi massa yaitu film yang memiliki peran besar dalam membentuk pola pikir dan hubungan sosial di masyarakat, memberikan ilustrasi dari nilai-nilai yang ada dalam masyarakatnya. Film mempunyai cara tersendiri untuk memengaruhi para peminat film agar tertarik melihatnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana makna pesan dakwah terkait konflik yang terdapat dalam film Merindu Cahaya de Amstel dengan menggunakan Analisis Semiotika Model Roland Barthes. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yaitu deskripsi, karena peneliti ingin menggambarkan secara detail suatu pesan, teks, atau objek yang menjadi sumber penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menonton film Merindu Cahaya De Amstel dan mentranskripnya. Setelah melihat dan mencatat kode-kode yang terdapat dalam film tersebut, peneliti mengcapture gambar-gambar yang mendukung dialog yang berhubungan dengan konflik tokoh Khadijah dengan orang tuanya, konflik tokoh Khadijah dalam penggunaan hijab dan konflik hubungan percintaan beda agama dengan representasi pesan dakwah didalamnya seperti pesan akidah, pesan syariah, pesan akhlak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis semiotika Roland Barthes dengan menggunakan tiga makna yaitu makna denotasi, konotasi dan mitos. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa cara tokoh Khadijah menghadapi konflik dengan orang tua yaitu mengontrol emosi dengan diri sendiri tanpa melawan orang tuanya. Terkait sikap Khadijah menghadapi konflik dalam penggunaan hijab yaitu dengan cara kembali kepada keyakinan yaitu Al-qur’an dan Hadits. Sikap Khadijah dalam menghadapi konflik percintaan beda agama yaitu dengan cara mediasi dan kembali kepada keyakinan Al-qur’an dan hadits. Data ini menunjukan bahwa makna denotasi tentang cara menghadapi konflik adalah dengan mengontrol diri, makna konotasinya adalah jihad, dan mitos yang ditunjukan dalam film ini yaitu konflik harus dihadapi sesuai dengan yang telah diajarkan dalam pedoman umat Islam yaitu Al-qur’an dan hadits.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Makna Pesan Dakwah Terkait Konflik Dalam Film Merindu Cahaya de Amstel (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:37
Last Modified: 13 Oct 2023 03:37
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18063

Actions (login required)

View Item View Item