Program Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN) Sebagai Bentuk Dakwah dan Pemberdayaan Terhadap Catin Dalam Membentuk Keluarga Sakinah di KUA Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Heriadi, Heriadi (2023) Program Kursus Calon Pengantin (SUSCATIN) Sebagai Bentuk Dakwah dan Pemberdayaan Terhadap Catin Dalam Membentuk Keluarga Sakinah di KUA Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Masters thesis, PASCASARJANA.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (COVER)
COVER_merged.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (FULL TEXT)
TESIS HERIADI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Suscatin Dalam Membentuk Keluarga Sakinah di KUA Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Materi Suscatin, Metode Suscatin, Faktor Pendukung dan Penghambat Suscatin dalam Membentuk Keluarga Sakinah di KUA Kecamatan Koto Tangah. Penelitian ini berusaha mengungkapkan dan mendeskripsikan secara faktual dan aktual secara sistematis mengenai pelaksanaan Pembinaan calon pengantin di Kantor Urusan Agama Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Adapun lokasi penelitian adalah Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jenis dan sumber data, data primer, adalah hasil observasi di lapangan dan wawancara dengan pegawai yang bertugas memberikan layanan pembinaan catin di KUA Koto Tangah dan pasangan yang telah mengikuti bimbingan catin pada tahun 2021 dan 2022 yang dapat menjelaskan tentang pembinaan catin, sumber data berjumlah 11 orang yaitu 6 orang (3 pasangan) telah mengikuti bimbingan pranikah dan 5 pegawai KUA yang terdiri dari 1 Kepala KUA Kecamatan Koto Tangah, data sekunder, adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber tertulis yang terdapat dalam makalah materi calon pengantin, foto-foto dan dokumen-dokumen lainnya yang berkaitan dengan bahan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian terungkap bahwa Pelaksanaan Suscatin di KUA Kecamatan Koto Tangah yaitu setiap catin yang akan melakukan pernikahan di KUA Kecamatan Koto Tangah harus mengikuti sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, termasuk melakukan pendaftaran secara on line Kunjungi Website SIMKAH https://simkah4.kemenag.go.id, dengan melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan. Program Suscatin di KUA Kecamatan Koto Tangah dilakukan secara individual, apabila pasangan catin itu dengan jumlah yang sedikit dan bisa dibimbing oleh tenaga pembimbing yang tersedia. Sementara pembinaan secara kelompok dilakukan bila jumlah pasangan catin dengan jumlah yang banyak. Materi pembinaan catin di KUA Kecamatan Koto Tangah, yaitu materi-materi yang berkaitan tentang kehidupan rumah tangga, UU perkawinan, hikmah perkawinan, hak dan kewajiban suami istri, cara membentuk keluarga yang sakinah, dan cara menjaga keutuhan rumah tangga agar terhindar dari perceraian. Metode pembinaan catin yang dilaksanakan di Kantor KUA Kecamatan Koto Tangah dengan metode langsung, yaitu dengan metode ceramah, diskusi dan demonstrasi. Faktor Pendukung Dalam Pembinaan Calon Pengantin (Catin) Untuk Membentuk Keluarga Sakinah di KUA Kecamatan Koto Tangah adalah Antusiasme Peserta Catin, Pembimbing Catin yang Cukup Kompeten, Metode Penyampaian yang Cukup sederhana, sedangkan Faktor Penghambat Dalam Pembinaan Calon Pengantin (Catin) adalah Tempat tinggal calon pengantin, Keterbatasan wawasan para peserta bimbingan, Kurang disiplinnya peserta, Keterbatasan Waktu, dan Keterbatasan sarana dan Prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Pemberdayaan, Calon Pengantin, KUA, Koto Tangah, Kota Padang
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Muslim, Orang Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Pusat Riset Pascasarjana
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:20
Last Modified: 04 Jan 2024 03:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18043

Actions (login required)

View Item View Item