PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 1 BUKIT SUNDI KABUPATEN SOLOK (Studi Tentang Dampak Learning Loss Masa Covid –19)

Maulana, Zakaria (2023) PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SMP NEGERI 1 BUKIT SUNDI KABUPATEN SOLOK (Studi Tentang Dampak Learning Loss Masa Covid –19). Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan: Tadris: Tadris IPS.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover)
COVER ZAKA REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I ZAKA REPOSITORI.pdf - Published Version

Download (290kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III ZAKA REPOSITORI.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V REPOSITORY ZAKA.pdf - Published Version

Download (219kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
SKRIPSI FULL TEXT WATERMARK ZAKARIA MAULANA I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi selama pandemi covid-19, terjadi pembatasan akses fisik kesekolah, yang mengakibatkan banyak siswa harus belajar dari rumah.Hal ini berpotensi mengurangi kualitas pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran yang memerlukan interaksi sosial dan sumber daya tambahan, seperti IPS.Banyak siswa tidak memiliki akses yang memadai keperangkat komputer atau koneksi internet yang stabil, yang dapat menghambat kemampuan mereka untuk mengakses bahan ajar dan berpartisipasi dalam pembelajaran online IPS.Pembelajaran jarak jauh memerlukan kemandirian yang lebih besar dari siswa. Minat dalam mata pelajaran IPS dan pembelajaran yang tidak efektif. Ketidak setaraan dalam akses dan dukungan pendidikan selama pandemi dapat menghasilkan ketidak setaraan dalam pencapaian belajar IPS. Siswa dari latar belakang ekonomi rendah atau lingkungan yang kurang mendukung mungkin lebih terpengaruh.Pandemi telah mengungkapkan kebutuhan untuk meninjau kurikulum IPS dan metode pengajaran agar lebih sesuai dengan pembelajaran jarak jauh dan situasi darurat serupa di masa depan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui rancangan pembelajaran IPS pasca pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Bukit Sundi, untuk mengetahui proses pembelajaran IPS pasca pandemi covid-19 yang belangsung di SMP Negeri 1 Bukit Sundi dan untuk mengetahui hasil pembelajaran IPS pasca pandemi covid19 di SMP Negeri 1 Bukit Sundi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah kepala sekolah, wakil kurikulum, guru IPS, dan siswa. Hasil penelitian tentang pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Bukit Sundi, pertama,rancangan pembelajaran IPS, rancangan pembelajaran fase PJJ itu memuat rancangan pembelajaran yang sederhana dimana dari 13 komponen RPP sebelumnya pada fase ini hanya memuat 3 kompen saja dengan kegiatan pembelajaran yang di sederhanakan karena akan dilakukan secara online. Rancangan pembelajaran fase PTM terbatas komponen RPP mulai dilengkapi lagi sebagaimana sebelumnya tampil lebih dirampingkan dalam hal waktu dan materi yang di sampaikan.Kedua, Proses pembelajaran pada masa prose PJJ itu diawali dengan menyampaikan tujuan pembelajaran dan materi serta tugas dilengkapi dengan petunjuk pengerjaan hal ini dilakukan karena pembelajaran bersifat daring.Pada pembelajaran PTM terbatas proses penyapaian materi lebih dipersingkat yang disampaikan hanya materi esensial saja. Ketiga, hasil pembelajaran IPS pasca covid 19 secara kuantitatif di rapor sangat baik, namun secara kualitas itu sangat terkendala dan butuh waktu untuk memperbaikinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS, Learning Loss
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 08:17
Last Modified: 16 Oct 2023 08:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18030

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item