Yeni, Priska Aprilia (2023) Pengaruh Metode Kauny Quantum Memory terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas IX MTsS Bawan. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text (Cover-Daftar Isi)
Priska Aprilia Yeni. NIM 1914010116. Cover-Daftar isi..pdf - Published Version Download (668kB) |
|
Text (BAB I)
Priska Aprilia Yeni. NIM 1914010116. BAB I..pdf - Published Version Download (534kB) |
|
Text (BAB III)
Priska Aprilia Yeni. NIM 1914010116. BAB III..pdf - Published Version Download (370kB) |
|
Text (BAB V-Daftar Pustaka)
Priska Aprilia Yeni. NIM 19140110116. BAB V.pdf - Published Version Download (670kB) |
|
Text (Full Text)
Priska Aprilia Yeni. NIM 1914010116. Full Text.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar setelah dilakukan pretest pada kelas eksperimen (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar setelah dilakukan pretest pada kelas kontrol (3) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar setelah dilakukan posttest pada kelas eksperimen (4) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar setelah dilakukan posttest pada kelas kontrol (5) Untuk mengetahui pengaruh metode Kauny Quantum Memory terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IX di MTsS Bawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX MTsS Bawan tahun ajaran 2023/2024 semester ganjil. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah IX/2 dan kelas kontrol adalah IX/1. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest hasil belajar al-Qur’an Hadits kelas eksperimen adalah 68,82, rata-rata nilai pretest hasil belajar al-Qur’an Hadits kelas kontrol adalah 66,12, rata-rata nilai posttest hasil belajar al-Qur’an Hadits kelas eksperimen adalah 84,36, dan rata-rata nilai posttest hasil belajar al-Qur’an Hadits kelas kontrol adalah 73,86. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh signifikan α yaitu 0,013 < 0,05, maka Ha diterima dan H_0 ditolak dan F_hitung > F_tabel yaitu 6,751 > 4,08 artinya Ha yang mengatakan terbukti terdapat pengaruh yang signifikan metode Kauny Quantum Memory terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits kelas IX MTsS Bawan diterima dan H_0 ditolak. Setelah dilakukan uji koefisien determinasi hipotesis diketahui hasil R Square sebesar 0,144. Ini menunjukkan bahwa kontribusi pengaruh metode Kauny Quantum Memory terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas IX MTsS Bawan adalah sebesar 14,4%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kauny Quantum Memory, Hasil Belajar |
Subjects: | Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 02 Dec 2023 23:20 |
Last Modified: | 02 Dec 2023 23:20 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18022 |
Actions (login required)
View Item |