Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) disertai Video Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman.

Harahap, Ira Syafitri (2023) Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) disertai Video Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover - Daftar Isi)
File Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (748kB)
[img] Text (BAB I)
File BAB I.pdf - Published Version

Download (574kB)
[img] Text (BAB III)
File BAB III.pdf

Download (724kB)
[img] Text (BAB V)
File BAB V dan Daftar Pustaka.pdf

Download (401kB)
[img] Text (Full Text)
File Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis peserta didik MTsN 2 Kota Pariaman. Salah satu penyebab rendahnya karena peserta didik tidak bisa mengaplikasikan konsep atau algoritma ke pemecahan masalah dan melakukan manipulasi matematika. Adapun usaha yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran REACT disertai video pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan model REACT disertai video pembelajaran matematika lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis peserta didik yang belajar dengan pembelajaran biasa di kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan randomized control group only design. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas VII tahun pelajaran 2022/2023. Terpilih kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis lalu dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas eksperimen 82,29 dan kelas kontrol 75,26. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada selang kepercayaan 95 % diperoleh thitung > ttabel = (2,13 > 1,67) demikian H0 ditolak. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen 77,08 dan kelas kontrol 69,44. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada selang kepercayaan 95% diperoleh thitung > ttabel = (2,07 >1,67) demikian H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis peserta didik kelas eksperimen yang belajar dengan model REACT disertai video pembelajaran matematika lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematis peserta didik kelas kontrol yang belajar dengan pembelajaran biasa di kelas VII MTsN 2 Kota Pariaman. Kata Kunci : REACT, Video Pembelajaran, Pemahaman Konsep Matematis, Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: REACT, Video Pembelajaran, Pemahaman Konsep Matematis, Komunikasi Matematis.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:51
Last Modified: 17 Oct 2023 03:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18021

Actions (login required)

View Item View Item