Peran Pengusaha Kerupuk Tempe Rahayu Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Jl Jati Wangi Kelurahan Tanah Periuk Kota Lubuk Linggau

Yusrizal, Wisnu wahyu (2023) Peran Pengusaha Kerupuk Tempe Rahayu Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Jl Jati Wangi Kelurahan Tanah Periuk Kota Lubuk Linggau. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (cover,abstrak,pengesahan)
WISNU WAHYU YUSRIZAL-1812040003-PMI-Cover,Abstrak dan pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
wisnu wahyu 1812040003 bab 1.pdf - Published Version

Download (568kB)
[img] Text (BAB III)
WISNU WAHYU YUSRIZAL-1812040003-PMI-BAB III.pdf - Published Version

Download (304kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
WISNU WAHYU YUSRIZAL-1812040003-PMI-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (302kB)
[img] Text (Full text)
WISNU WAHYU YUSRIZAL-1812040003-PMI-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Peran Pengusaha Kerupuk Tempe Rahayu Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat. Jl. Jati Wangi Kota Lubuk Linggau.” Ditulis oleh Wisnu Wahyu Yusrizal, Nim 1812040003. Mahasiswa Program Strata satu (S1) Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Skripsi ini berjumlah Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyak ketidak mampuan masyarakat dari segi ekonomi di Jl jati wangi Kota Lubuk Linggau dan salah satu masyarakatnya ingin membantu perekonomian tersebut. penelitian ini dibatasi dalam 3 pembahasan yaitu: satu bagaimana peran normatif pengusaha kerupuk tempe rahayu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, kedua bagaimana peran ideal pengusaha kerupuk tempe rahayu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, ketiga bagaimana peran faktual pengusaha kerupuk tempe rahayu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertama peran normatif yang dilakukan oleh pengusaha kerupuk tempe Rahayu dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya. Kedua peran ideal yang dilakukan oleh pengusaha kerupuk tempe Rahayu dalam meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya. Ketiga peran faktual yang dilakukan oleh pengusaha kerupuk tempe Rahayu ekonomi masyarakat sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Adapun sumber data dalam penulisan ini adalah pelaku usaha kerupuk tempe Rahayu dan karyawan dari pengusaha kerupuk tempe yang berjumlah 7 orang, Informan dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, langkah dalam pengelolahan data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan dan analisis yang telah dilakukan maka dapat disim pulkan bahwa: pertama pengusaha kerupuk tempe Rahayu sudah melakukan peran normatif kepada karyawannya. Dari segi pekerjaan pengusaha kerupuk tempe Rahayu tidak hanya mempekerjakan karyawanya akan tetapi kenyamanan saat bekerja juga diperhatikan, Dari segi keagaaman pengusaha kerupuk tempe Rahayu selalu melakukan pengajian baik dirumah beliau maupun di rumah karyawan tersebut. kedua pengusaha kerupuk tempe Rahayu sudah melakukan peran ideal kepada karyawannya, yaitu dengan membuka lowongan pekerjaan disekitar usaha kerupuk tempe Rahayu berdomisili, dengan membuka lowongan bekerja tersebut, tidak hanya membuka lowongan pekerjaan saja akan tetapi juga pengusaha kerupuk tempe Rahayu membina karyawan sehingga karyawan tesebut bisa membuka usaha sendiri. ketiga pengusaha kerupuk tempe sudah melakuka peran faktual yaitu ketika melakukan perekrutan pengusaha kerupuk tempe Rahayu melihat kondisi ekonomi dari karyawan tersebut apakah layak untuk dibantu atau tidak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran normatif,ideal,faktual
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:59
Last Modified: 13 Oct 2023 07:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/18006

Actions (login required)

View Item View Item