Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Group Investigation Untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Pariaman

Sari, Oktavia (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Group Investigation Untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Pariaman. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover)
cover.pdf - Published Version

Download (915kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (950kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (867kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text (Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar yang digunakan oleh pendidik. Bahan ajar yang digunakan berupa buku cetak yang disediakan di perpustakaan. Pendidik belum maksimal dalam menggunakan bahan ajar berupa LKPD, pendidik lebih berfokus pada metode ceramah. Sehingga, peserta didik cenderung bosan dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dirancang dan dikembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Group Investigation yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk dapat digunakan peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Pariaman. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D yang dikemukakan oleh S.Thiagarajan tahun 1974, yang terdiri dari empat tahapan pengembangan yaitu define, design, develop dan disseminate. Adapun penelitian ini hanya sampai tahap define, design, dan develop. Tahap define terdiri dari: a) analisis pendidik b) analisis peserta didik c) analisis konsep d) analisis silabus. Tahap design terdiri dari: a) perancangan LKPD b) penyusunan instrumen. Tahap develop terdiri dari: a) tahap validitas b) tahap praktikalitas c) tahap efektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian validator, LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata 90.6%. Berdasarkan pada hasil pengisian angket praktikalitas menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan “sangat praktis” digunakan pada pembelajaran matematika pada materi peluang dengan rata-rata 91.6% oleh pendidik dan 84.4% oleh peserta didik. LKPD ini memenuhi kriteria sangat efektif berdasarkan hasil tes kemampuan penalaran matematis peserta didik yaitu 86.3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Peserta Didik, Group Investigation, Penalaran Matematis.
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 12:16
Last Modified: 16 Oct 2023 12:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17985

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item