Hubungan Penerapan Sistem Full Day School dan Konsentrasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik

Zen, Putri Balqis (2023) Hubungan Penerapan Sistem Full Day School dan Konsentrasi Belajar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

This is the latest version of this item.

[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Cover)
Cover, Abstrak surat.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum dilakukannya kajian tentang hubungan penerapan sistem full day school terhadap konsentrasi belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Pariaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan hubungan penerapan sistem full day school dan konsentrasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas XI di SMA Negeri 5 Pariaman. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman. Sampel dalam penelitian ini dipilih melalui teknik cluster random sampling, sehingga terpilih 34 orang peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa (1) penerapan sistem full day school memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan konsentrasi belajar dengan koefisien korelasi sebesar 0,92 dan koefisien determinasi sebesar 85%, yang berarti memiliki pengaruh hubungan yang sangat baik. (2) penerapan sistem full day school memiliki pengaruh hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan berpikir kritis matematis sebesar 0,93 dan koefisien determinasi sebesar 86%, yang berarti memiliki pengaruh hubungan yang sangat baik. (3) konsentrasi belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan berpikir kritis matematis dengan koefisien korelasi sebesar 0,93, yang berarti diantara keduanya memiliki hubungan yang sangat kuat. (4) penerapan sistem full day school dan konsentrasi belajar secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan kemampuan berpikir kritis matematis dengan koefisien korelasi sebesar 0,94, yang berarti hubunganya sangat kuat. Berdasarkan hasil penelitian, pendidik diharapkan dapat mempertahankan konsentrasi belajar dan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik pada penerapan sistem full day school.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Sistem Full Day School, Konsentrasi Belajar, dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Subjects: U Umum (General) > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 16 Oct 2023 12:25
Last Modified: 16 Oct 2023 12:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17975

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item