Proses Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Dalam Bidang Motivasi Berprestasi ektrakurikuler di MIN 3 Kota Padang.

agusta, reza (2023) Proses Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan Anak Dalam Bidang Motivasi Berprestasi ektrakurikuler di MIN 3 Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER)
cover dll.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (565kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (684kB)
[img] Text (FULL TEKS SKRIPSI)
FULL TEKS SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Reza Agusta Novia, 1812010104, Proses Komunikasi Orang Tua Dengan Anak Dalam Bidang Motivasi Berprestasi Ekstrakurikuler Di MIN 3 Kota Padang, Skripsi : Komunikasi Penyiaran Islam UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini di latar belakangi proses komunikasi interpersonal ini juga dapat terjadi dalam keluarga yang melibatkan komunikasi antara anak dan orang tua. Anak membutuhkan orang lain untuk berkembang. Dalam hal ini berperan besar dalam pembentukan karakter anak, dan orang pertama yang memikul tanggung jawab tersebut adalah orang tua. Perbedaan usia yang besar antara orang tua dan anak juga berarti bahwa masing-masing melewati periode yang berbeda termasuk tanggung jawab orang tua untuk memenuhi kebutuhan anaknya, baik dari segi fisik maupun psikis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal orang tua dengan anak terhadap motivasi berprestasi ekstrakulikuler dan juga mengetahui kendala apa saja dalam proses komunikasi intepersonal orang tua dengan anak. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan menggunakan wawancara semi struktur terhadap subjek susuai dengan kriteria yang ditentukan dari variabel penelitian Hasil penelitian ini, peneliti menyarankan Orang tua juga lebih bersabar dalam menghadapi anaknya dengan cara menggunakan komunikasi yang seefektif mungkin agar tercipta hubungan yang harmonis. Karena komunikasi interpersonal orang tua kepada anak memiliki peran penting terhadap proses perkembangan anak. Dimana Orang Tua membujuk, memberi nasehat, mengedukasi dan mendisiplinkan anak untuk melakukan sesuatu dengan menggunakan perkataan yang mudah dipahami oleh anak. Respon yang diberikan anak ketika orang tua melarang bermain, peneliti menyarankan Orang tua juga lebih bersabar dalam menghadapi anaknya dengan cara menggunakan komunikasi yang seefektif mungkin agar tercipta hubungan yang harmonis. Karena komunikasi interpersonal orang tua kepada anak memiliki peran penting terhadap proses perkembangan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses Komunikasi Interpersonal , Orang Tua, Anak
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Motivasi Belajar, Dorongan Belajar, Motivasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 13 Oct 2023 02:21
Last Modified: 13 Oct 2023 02:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/17971

Actions (login required)

View Item View Item